Detik-detik Kecelakaan Sembilan Kendaraan di Bandung Barat

Sejumlah orang alami luka-luka

Bandung Barat, IDN Times - Sembilan kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Jalan Raya Cipatat, Kampung Cibogo, RT 04/04, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Kamis (9/4/2024) pagi. Sejumlah korban harus mendapat perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kecelakaan beruntun itu melibatkan tujuh mobil dan dua sepeda motor. Sedangkan jumlah korban yang mengalami luka akibat peristiwa tersebut dilaporkan mencapai enam orang.

"Betul ada ada kecelakaan kejadiannya sekitar pukul 08.30 WIB," ucap Kanit Gakkum Satlantas Polres Cimahi Ipda Bayu Subakti saat dikonfirmasi.

1. Kronologi kecelakaan beruntun

Detik-detik Kecelakaan Sembilan Kendaraan di Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), kecelakaan beruntun itu bermula ketika sebuah truck Mitsubishi Tronton Box dengan nomor polisi S-9053-UU yang dikemudikan Suhermawan (53 tahun) melaju dari arah Bandung menuju Cianjur.

Namun tiba-tiba truk tersebut kehilangan kendali.

Truk itu lalu menabrak bagian belakang kendaraan truk lain yakni Mitsubishi Colt Diesel yang berada searah di depannya, kemudian menabrak lagi kendaraan Honda Freed serta kendaraan Daihatsu Xenia yang datang dari arah berlawanan.

"Lalu menabrak lagi sepeda motor Honda Beat warna putih sepeda motor Honda Beat warna biru yang melaju searah. Lalu kendaraan Suzuki APV dan kendaraan Suzuki Cary Pick Up serta kendaraan Toyota Avanza yang melaju searah juga ikut tertabrak," kata Bayu.

2. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu

Detik-detik Kecelakaan Sembilan Kendaraan di Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Polisi memastikan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan beruntun di jalan nasional itu. Hanya saja sejumlah orang mengalami luka-luka hingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit dan Puskesmas terdekat lokasi kecelakaan.

"Pengemudi dan seorang penumpang kendaraan Suzuki Cary Pick Up mengalami luka dibawa ke RS Cahya Kawaluyan Padalarang; dan kedua pengendara sepeda motor Honda Beat berikut masing-masing seorang penumpangnya mengalami luka dibawa ke Puskesmas Rajamandala," ujarnya.

3. Diduga truk tronton alami rem blong

Detik-detik Kecelakaan Sembilan Kendaraan di Bandung Barat(Dok/Istimewa)

Kepolisian belum menyimpulkan penyebab pasti yang memicu kecelakaan beruntun tersebut. Hanya saja sebelum kejadian mobil tronton diduga mengalami rem blong. Kerugian materil akibat kecelakaan tersebut diperkirakan mencapai Rp100 juta.

"Hilang kendali dikarenakan bagian rem tidak berfungsi sehingga menabrak. Kondisi geografis jalan turunan dan tikungan," ujar Bayu.

Baca Juga: Ketika Haji Tertua Asal KBB Setia Tunggu Istri Demi Naik Haji Bersama

Baca Juga: 30 Rumah dan Masjid di KBB Rusak Disapu Angi Puting Beliung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya