TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pj Gubernur Jabar Pastikan Korban Longsor di KBB Direloksi

Pj Gubernur Jabar tinjau lokasi pengungsian

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Bandung Barat, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan relokasi menjadi opsi terbaik bagi warga terdampak longsor di Kampung Gintung, RT 03/07, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Seperti diketahui bencana longsor yang terjadi pada Minggu (24/3/2024) malam itu menerjang pemukiman hingga menenggelamkan 25 rumah warga. Selain itu, 10 warga sebelumnya dilaporkan hilang dan hingga Selasa (26/3/2024) baru ditemukan tiga orang.

"Yang terpenting lagi untuk masyarakat di sini akan kita pikirkan untuk relokasi karena keamanan dan keselamatan masyarakat adalah hal utama. Tanah sedang diasesmen oleh PVMBG," kata Bey Machmudin di lokasi, Selasa (26/3/2024).

1. Pj Gubernur Jabar minta warga tak kembali ke rumah

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Bey juga meminta masyarakat tidak memaksakan kembali ke kawasan yang terdampak longsor meskipun memang masih ada rumah warga yang tidak terdampak. Sebab berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam 10 hari ke depan cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi.

Sehingga demi keamanan dan keselamatan warga diminta tak mendekati kawasan Kampung Gintung yang mayoritas sudah rata dengan tanah.

"Tadi dari BMKG, cuaca hujan akan terjadi dalam 10 hari ke depan sehingga para pengungsi disarankan untuk tidak dulu kembali ke tempatnya," ujar Bey Machmudin.

Dia mengatakan petugas gabungan hingga saat ini terus berupaya untuk menemukan para korban yang sebelumnya dilaporkan hilang. "Dan untuk pencarian tetap dilakukan, hari ini ditemukan tiga jenazah, 1 dewasa dan 2 anak, sekarang sedang diidentifikasi," ucap dia.

2. Korban jiwa akan terima santunan

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dalam kesempatan itu, Bey Machmudin memastikan keluarga korban yang meninggal dunia akan mendapatkan santunan. Selain itu, kata dia, semua kebutuhan dasar bagi para pengungsi dipastikan akan terpenuh. Bey mengatakan hingga kini ada 527 jiwa yang terpaksa harus mengungsi di Gor Desa Cibenda.

"Saya tanya ke mereka, kondisinya sangat baik makanan atau pun kesiapan lainnya dan warga semua mengerti mengungsi ke sini demi keamanan. (Obat-obatan) pasti akan kita penuhi, ini baru beberapa hari akan kita penuhi secepatnya. Kita paham ini terjadi cepat dan darurat sehingga perlu penyesuaian," katanya.

Bey Machmudin sudah mengintruksikan Pemkab Bandung Barat untuk menetapkan status tanggap darurat. Dengan begitu, berbagai bantuan dari Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) diharapkan didapat para korban.

"Ini Pemkab Bandung Barat akan mengeluarkan tanggap darurat, artinya bantuan bisa masuk dari BNPB," ucapnya.

Berita Terkini Lainnya