TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bupati Bandung Barat Marah, TKA Tiongkok Masuk KBB Tanpa Izin!

Baru 2 minggu bekerja, TKA asal Tiongkok tewas terjatuh

Pengerjaan proyek trase KCJB di KBB. (IDN Times/Bagus F)

Bandung Barat, IDN Times - Pekerja asal Tiongkok yang tewas akibat kecelakaan kerja di area proyek trase Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diketahui baru dua minggu bekerja di proyek tersebut.

Hal itu diungkap rekan sesama pekerja proyek, Ikhwan (30) saat ditemui di lokasi proyek kemarin. "Korban merupakan pekerja asal Tiongkok yang baru datang sekitar dua mingguan di sini," ungkap Ikhwan.

1. Bupati marah pekerja asing masuk KBB

IDN Times/Bagus F

Mendengar berita duka itu, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara turut berduka cita. Namun, Umbara juga mengutuk adanya tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang bisa masuk ke wilayah Bandung Barat saat pandemi COVID-19.

"Janganlah! Pekerja dari luar jangan dulu masuk (KBB). Kita aja yang di sini harus hati-hati apalagi datang tenaga kerja asing baru," ungkap Umbara saat ditemui di Lembang, Rabu (19/8/2020).

2. Jika ada penambahan TKA, Pemda KBB akan menolak

Imigrasi cek pekerja asing di Tulungagung, IDN Times /istimewa

Umbara menyatakan, Pemerintah Daerah Bandung Barat sama sekali tidak menerima laporan adanya TKA baru. Jumlah TKA yang tercatat di Disnakertrans KBB masih sama dengan jumlah TKA sebelum ada pandemik COVID-19.

"Dinas Tenaga Kerja harus teliti. Jangan ada penambahan dulu. Ini gak ada laporan ke Pemda. Kalau ada penambahan, Pemda pasti akan menolak," tuturnya.

3. Khawatir jadi penyebar virus

Google image

Bukan tanpa alasan Bupati naik pitam. Umbara khawatir, hadirnya TKA baru ke Bandung Barat malah berdampak buruk pada perkembangan COVID-19 di KBB. Menurutnya, Pemda KBB sudah berusaha semaksimal mungkin agar zona KBB berubah dari biru ke zona hijau.

"Takutnya nanti malah ada klaster baru lagi. Sekarang kita kan gak punya klaster. Harusnya tidak ada pekerja asing yang masuk ke Bandung Barat," kata Umbara.

Berita Terkini Lainnya