TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bongkar Kantor Dinas Bandung Barat, KPK Angkut Data Kegiatan

Tim penyidik KPK kantongi data kegiatan dengan koper

Tim penyidik KPK geledah kantor Bupati KBB. (IDN Times/Bagus F)

Bandung Barat, IDN Times - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung menggeledah tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di komplek perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Tiga SKPD yang digeledah itu yakni Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Pendidikan (Disdik).

Di hari ketiga penggeledahan KBB ini, tim penyidik berhasil mengantongi sejumlah berkas ketiga dinas tersebut. Dari pantauan di lokasi, tim penyidik KPK keluar dari Gedung A Pemerintahan Daerah KBB sekitar pukul 16.50 WIB.

Sejumlah tim penyidik dikawal oleh kepolisian lengkap dengan senjata api membawa dua koper berisikan berkas hasil penggeledahan. Berkas itu diduga merupakan bahan untuk kemudian divalidasi sebagai barang bukti kasus tindak pidana korupsi di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

1. "Kami kooperatif serahkan apa yang KPK minta."

KPK periksa kantor Dinas PUPR KBB. (IDN Times/Bagus F)

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Imam Santoso mengatakan, pihaknya menjamin seluruh pegawai di Dinkes bakal berlaku kooperatif sesuai apa yang tim penyidik KPK inginkan. Mereka membawa sejumlah berkas dengan menggunakan sebuah koper berukuran besar.

"Pada intinya kita kooperatif menyerahkan apa yang penyidik minta," ungkap Imam saat ditemui usai penggeledahan di kantornya, Kamis (18/3/2021).

2. Berkas yang diminta terkait data-data kegiatan

Tim penyidik KPK geledah kantor Dinas PUPR KBB. (IDN Timesl/Bagus F)

Imam menyebutkan, tim penyidik KPK meminta agar Dinkes menyerahkan sejumlah data terkait kegiatan-kegiatan yang digarap oleh Dinkes KBB. Namun demikian, Imam tidak mau mengungkap secara spesifik data apa yang diminta oleh tim penyidik.

"Iya data kegiatan-kegiatan (Dinkes) saja," tutur Imam. Sambil menjauhi kerumunan wartawan, Imam menolak untuk ditanyai lebih jauh terkait penggeledahan KPK. "Sudah ya itu saja," katanya.

3. Disdik ikuti apa yang penyidik minta

Tim penyidik KPK geledah kantor Bupati KBB. (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan KBB, Asep Dendih juga menyampaikan hal yang sama dengan Imam. Kepada penyidik, Asep memastikan Disdik berlaku kooperatif saat dimintai keterangan maupun data-data.

"Kita diharuskan koperatif memberikan keterangan atau informasi yang dibutuhkan," kata Asep.

Berita Terkini Lainnya