Asia Afrika Festival 2023 Hanya Dihadiri Delapan Negara

Ema Sumarna sebut ada perwakilan Korea Utara

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjelaskan bahwa ada perwakilan delapan negara yang mengikuti Asia Afrika Festival (AAF) 2023. Dari delapan perwakilan ini, ada di antaranya yang mengikuti kegiatan parade budaya.

Hal tersebut dijelaskan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung, Ema Sumarna.

"Kalau saya tadi mendapatkan informasi duta besar yang hadir itu di antaranya Pakistan, Sudan, Nigeria, Filipina, Laos, termasuk dari Korea Utara ada yang hadir. Kemudian juga, Syria, Kenya," ujar Ema pada awak media, Sabtu (29/7/2023).

1. Ema Sumarna apresiasi delegasi dari negara Asia Afrika yang datang

Asia Afrika Festival 2023 Hanya Dihadiri Delapan Negara(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski tidak semua negara bisa datang dan hadir langsung dalam AAF 2023, Ema turut mengapresiasi beberapa negara yang hadir dan ikut serta dalam sejumlah rangkaian acara tahun Disparbud Kota Bandung ini.

"Kehadiran langsung mereka ini kredit poin yang sangat bernilai bagi kami, karena mereka sangat percaya dengan Bandung," ungkapnya.

2. AAF 2023 belum semeriah tahun lalu

Asia Afrika Festival 2023 Hanya Dihadiri Delapan Negara(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ema mengatakan, secara menyeluruh ada yang berbeda dari event AAF 2023 ini juka dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Menurutnya, delegasi negara yang datang pada tahun ini tergolong sedikit, dan tidak semeriah beberapa tahun lalu.

"Kalau dari sisi event menurut saya, cuma tadi saya tekankan, mungkin dari sisi jumlah, belum sebanyak seperti tahun-tahun sebelumnya, karena ini sedang masa transisi dari pandemi COVID-19 ke endemi," katanya.

3. Ema Sumarna klaim kegiat ini meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat

Asia Afrika Festival 2023 Hanya Dihadiri Delapan Negara(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Ema mengatakan, animo masyarakat untuk ikut serta dan melihat langsung rangkaian AAF cukup tinggi. Kegiatan ini juga turut menggerakkan perekonomian di Kota Bandung, serta menambah indeks kebahagiaan.

"Animo masyarakat tahun ini cukup tinggi. Indeks kebahagiaan masyarakat semoga meningkqt, dan juga kami yakin ini akan memberikan kontribusi pergerakan ekonomi di Kota Bandung, hotel-hotel di Bandung akan kembali penuh, restoran di Kota Bandung juga kembali penuh," kata dia.

Baca Juga: Ada Asia Africa Festival dan Pocari Run, Ini Ruas Jalan yang Ditutup

Baca Juga: 5 Festival Paling Seru di Belgia, Ada Festival Coklat!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya