TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siaga I COVID-19, Polda Jabar Patroli Cyber Cari Penyebar Hoax Corona

Hati-hati lho...penyebar hoaks bisa kena UU ITE

shutterstock.com

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat melakukan patroli cyber guna mencegah adanya penyebaran berita bohong atau hoax tentang virus Corona (COVID-19) di wilayah hukum Polda Jabar.

"Mencegah adanya hoax, tim melakukan patroli cyber di media sosial, saat ini sudah dijalankan dan terus melakukan pemantauan," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Komisaris Besar Saptono Erlangga, Kamis (12/3).

1. Polisi Belum temukan kasus hoax Corona di Jabar

Peta persebaran virus corona di dunia per 4 Maret (Dok. WHO)

Erlangga mengatakan, saat ini kasus hoax tentang Corona di Jabar masih belum ditemukan. Namun meskipun belum ada berita bohong tersebut, jajaran Polda Jabar tetap akan melakukan pemantauan.

"Kita waspadai penyebaran berita bohong tentang virus Corona. Kita lakukan pantauan dan untuk kasus memang belum ada yang kita periksa terkait itu," ungkapnya.

2. Masyarakat diminta cek fakta sebelum share informasi

Ilustrasi Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Erlangga mengimbau, untuk masyarakat Jabar khususnya yang menggunakan media sosial, alangkah baiknya selalu mengutamakan cek data terlebih dahulu sebelum menyebarkan berita tentang COVID-19.

"Pemerintah sudah melakukan keterbukaan informasi terkait Corona dan masyarakat bisa mengacu tersebut dan tidak untuk menyebarkan berita hoax," tuturnya.

3. Sebar hoax Corona bisa kena UU ITE

Data lengkap virus corona di Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Erlangga menambahkan, penyebaran berita bohong bukan hanya meresahkan masyarakat. Menurutnya, penyebaran berita bohong juga telah memiliki Undang-Undang sendiri. Sehingga, masyarakat harus berhati-hati dalam menyebarkan informasi.

"Penyebaran berita bohong tentang Corona bisa kena UU ITE. Masyarakat harus lebih berhati-hati," katanya.

Baca Juga: Pemkot Tegaskan Tidak Ada Pasien Positif Virus Corona di Kota Bandung

Baca Juga: Beda dengan Jakarta, CFD di Bandung Tetap Digelar karena Aman Corona

Berita Terkini Lainnya