Pemkot Tegaskan Tidak Ada Pasien Positif Virus Corona di Kota Bandung

Waspada virus corona, dinkes masih pantau 24 warga Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung memastikan tidak ada pasien positif virus corona yang di rawat di rumah sakit hingga Rabu(4/2). Kasus pasien positif yang terjangkit virus corona di Indonesia baru tercatat sebanyak dua orang dan kini kondisi kesehatannya semakin membaik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, belum ada kasus pasien positif terjangkit COVID-19 yang dirawat di rumah sakit di Kota Bandung. Kepastian itu didapat setelah Pemkot Bandung melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak untuk melakukan langkah antisipasi penyebaran di Kota Kembang.

"Semuanya masih isu. Faktanya di lapangan alhamdulillah masih negatif. Ini dipertegas setelah pihak RSHS, RSP Rotinsulu, dan KKP memastikan jika di Bandung belum ada yang positif terjangkit corona," kata Ema usai melakukan rapat membahas kesiapan dan antisipasi penyebaran virus corona di Balaikota, Rabu(4/3). 

Baca Juga: Tak Khawatir Virus Corona, Disparbud Bandung: Acara KAA Tetap Digelar

1. Pengawasan penumpang di Bandara Husein terus diperketat

Pemkot Tegaskan Tidak Ada Pasien Positif Virus Corona di Kota BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Ema mengungkapkan, antisipasi penyebaran virus corona di Kota Bandung terus ditingkatkan. Sebab, kata dia, Bandung merupakan salah satu daerah di Indonesia yang ramai di kunjungi wisatawan dari berbagai negara, termasuk Malaysia dan Singapura.

Sehingga, dengan adanya kasus pertama pasien positif terjangkit virus corona di Indonesia, Pemkot Bandung ikut melakukan langkah antisipasi sesuai dengan instruksi pemerintah pusat.

Apalagi, kata Ema, penerbangan internasional yang masuk ke Kota Bandung masih terjadi dengan pelayanan Bandung-Malaysia dan Bandung-Singapura. Sementara, dua negara ini juga sudah memiliki kasus positif virus corona.

"Penerbangan dari luar seperti Singapura dan Malaysia juga diawasi. Petugas mengawasi penumpang yang baru turun. Tidak hanya penumpang, tatapi juga kru pesawatnya itu sendiri," ujar Ema.

Baca Juga: Bahas Virus Corona, Disparbud Kumpulkan Perwakilan Hotel di Bandung 

2. Pemkot Bandung sudah bentuk satgas dan crisis center virus corona

Pemkot Tegaskan Tidak Ada Pasien Positif Virus Corona di Kota BandungIDN Times/Humas Bandung

Upaya Pemkot Bandung dalam menangani penyebaran virus corona diklaim sudah dilakukan dengan cukup baik. Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, sudah membentuk tim satgat dan crisis center virus corona.

Tim ini akan bekerja di seluruh kewilayahan untuk memberikan informasi, edukasi, dan tindakan teknis jika memang ditemukan adanya kasus virus corona.

"Mereka akan bergerak cepat. Tim satgas sudah dibentuk dan akan memantau perkembangan di lapangan," kata dia.

3. Ada dua rumah sakit khusus untuk rawat pasien virus corona

Pemkot Tegaskan Tidak Ada Pasien Positif Virus Corona di Kota BandungIDN Times/Yogi Pasha

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita mengatakan, Pemkot Bandung sudah menyiapkan dua rumah sakit khusus yang akan merawat pasien positif virus corona. Dua rumah sakit rujukan tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan dengan menunjuk Rumah Sakit Hasan Sadikin dan Rumah Sakit Paru (RSP) Rotinsulu.

"Bandung ada dua rumah sakit rujukan khusus merawat pasien positif virus corona. Rumah sakit ini sudah memiliki kelengkapan dan fasilitas yang sesuai standar internasional," kata Rita.

4. Sebanyak 11 Pasien pengawasan diduga terpapar virus corona sudah dinyatakan negatif dan sembuh

Pemkot Tegaskan Tidak Ada Pasien Positif Virus Corona di Kota BandungPos Pemantauan RSPI Sulianti Saroso (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Rita menyebutkan, kasus virus corona yang merebak di sejumlah negara juga membuat Pemkot Bandung waspada. Kewaspadaan itu dilakukan dengan memantau sebanyak 24 warga Bandung yang baru saja kembali bepergian dari negara endemis virus corona.

"Tapi, semuanya negatif. Kemarin ada tujuh orang yang dipantau, tapi hasil pemeriksaan semuanya negatif dan mereka sudah sehat dan sembuh. Termasuk, lima orang lainnya dengan hasil negatif," kata dia.

5. Dinkes masih pantau 24 orang yang baru pulang dari negara positif virus corona

Pemkot Tegaskan Tidak Ada Pasien Positif Virus Corona di Kota BandungPenanganan terkait dugaan pasien terpapar virus corona di RSHS (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Kendati demikian, Rita menyebutkan, Dinas Kesehatan Kota Bandung masih melakukan pemantauan terhadap 24 orang yang baru kembali dari negara positif virus corona. Ke-24 orang itu akan dipantau kondisi kesehatan selama 14 hari setelah kembali dari negara endemis.

"Masih dipantau selama 14 hari karena mereka baru kembali dari negara yang positif corona," ungkap dia.

Baca Juga: Dinkes Bandung Pastikan Tak Ada Pasien Positif Corona Dirawat di RSUD

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya