TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengamat: Ridwan Kamil Paling Potensial Wakili Jabar di Pilpres 2024

Elektabilitas Ridwan Kamil mampu kalahkan tokoh nasional

Airlangga Hartarto bertemu dengan Ridwan Kamil, Minggu (15/5/2022) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Bandung, IDN Times - Nama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil akhir-akhir ini terus mendapatkan survei elektabilitas teratas untuk Pilpres 2024. Teranyar, orang nomor satu di Jabar itu tercatat mampu mengalahkan nama lain di tingkat nasional.

Dalam Survei Litbang Kompas, ektabilitas Emil ada di posisi pertama di antara kandidat lain dalam kategori elektabilitas di bawah 10 persen. Dia mampu mengalahkan Sandiaga Uno, dan AHY.

1. Saat ini figur paling potensial di Jabar hanya Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pengamat politik Unpad Firman Manan mengatakan, dalam kategori elektabilitas di bawah 10 persen Ridwan Kamil patut diperhitungkan dibandingkan calon lain. Meski di atas 10 persen ada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Hal ini juga menunjukkan bahwa untuk sementara ini, Ridwan Kamil adalah figur calon presiden paling potensial dari Jabar yang bisa diangkat ke tingkat nasional.

"Kalau kita lihat figur Jawa Barat memang yang paling potensial adalah Kang Emil. Posisi gubernur saat ini, bagaimana pun itu mereseprentasikan (suara) warga Jabar," ujar Firman saat dihubungi, Kamis (27/10/2022).

2. Belum ada figur lain wakili Jabar

Ridwan Kamil

Kemudian, penilaian Ridwan Kamil, calon paling potensial untuk mewakili warga Jabar di Pilpres 2024, didukung juga oleh fenomena bermunculannya para pendukung dari mantan Wali Kota Bandung ini.

"Jadi sejauh ini kalau bicara siapa figur Jabar yang paling potensial kelihatannya Kang Emil," ucapnya.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Naik, Lewati Prabowo-Anies

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas PDIP Turun Dibayangi Gerindra

Berita Terkini Lainnya