TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perusahaan di Purwakarta Mulai Vaksin Gotong-Royong Secara Bertahap

Suplai vaksin untuk perusahaan masih terbatas

Presiden Jokowi tinjau proses penyuntikan Vaksin Gotong Royong (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Purwakarta, IDN Times - Sejumlah perusahaan di Kabupaten Purwakarta sudah mulai melakukan penyuntikan Vaksin Gotong-Royong. Salah satunya di PT South Pacific Viscose (SPV) Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta.

"Tim klinik kami sudah melaksanakan Vaksinasi Gotong-royong sejak Kamis (29/7/2021) kemarin," kata Presiden Direktur SPV, Sri Aditia seusai penyerahan bantuan SPV untuk Pemerintah Kabupaten Purwakarta di Taman Mayadatar, Jumat (30/7/2021).

1. Perusahaan hanya mendapatkan jatah vaksin yang terbatas

Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Aditia mengaku telah mendaftarkan perusahaannya untuk mengikuti program Vaksinasi Gotong-royong sejak awal diadakan oleh pemerintah pusat. Namun, saat itu, dosis yang tersedia di Kamar Dagang Indonesia diketahui masih terbatas.

"Sehingga, dari yang kami minta cukup banyak, kami hanya mendapatkan (vaksin) untuk 300 orang atau 600 dosis," ujar Aditya. Namun, kekurangan tersebut bukan dianggapnya sebagai kendala untuk memaksinasi para karyawan.

2. Ratusan karyawan juga mengikuti vaksinasi mandiri di Puskesmas

Simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Gandus Palembang (IDN Times/Dokumen)

Setelah menghabiskan persediaan vaksin yang pertama, SPV juga dijadwalkan kembali mendapatkan Vaksin Gotong-royong. Mereka rencananya akan mendapatkan vaksin untuk 500 orang.

"Sambil menunggu (suplai vaksin) kami juga melakukan vaksinasi mandiri. Seperti saya misalnya, (melakukan vaksinasi) ke Puskesmas. Jadi, sudah ada lebih dari 400 orang (karyawan yang divaksinasi secara mandiri)," tutur Aditia.

Ia menargetkan vaksinasi COVID-19 mencakup 70 persen dari total 1.700 karyawan di perusahaannya. Penyuntikan vaksin diharapkan dapat mengurangi dampak COVID-19 pada karyawan dan resiko gangguan operasional perusahaan.

3. SPV dan tiga perusahaan lain jadi percontohan penanganan COVID-19 pada klaster industri

IDN Times/Mahendra

Dalam prosesi penyerahan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) dan kebutuhan medis tersebut, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengapresiasi pihak SPV. Menurutnya, upaya penanganan COVID-19 yang dilakukan pihak perusahaan sangat baik.

"Memang PT SPV ini kami jadikan percontohan dengan tiga perusahaan yang lain dalam penanganan karyawan yang terkonfirmasi positif COVID-19," kata Anne seusai kegiatan tersebut. Langkah yang mereka lakukan dinilai sangat cepat.

Baca Juga: Target Vaksinasi COVID-19 Purwakarta Terhambat Krisis Stok Vaksin

Baca Juga: Aksi Bocah Purwakarta Berikan Tabungan Bantu Tetangga Terpapar COVID

Berita Terkini Lainnya