Comscore Tracker

Target Vaksinasi COVID-19 Purwakarta Terhambat Krisis Stok Vaksin

Masyarakat Purwakarta paling antusias ikuti vaksinasi

Purwakarta, IDN Times - Sepanjang Juli 2021, Pemerintah Kabupaten Purwakarta hanya mendapatkan 500 vial vaksin COVID-19 untuk 5.000 dosis. Padahal, kemampuan pemerintah daerah melakukan vaksinasi hingga 6.000 dosis per hari.

Program vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Purwakarta diakui terkendala suplai dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun pusat.

"Kemampuan 20 Puskesmas kita masing-masing 300 dosis per hari. Artinya dalam sehari bisa (menyuntikkan) 6.000 dosis," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

1. Target vaksinasi 50 persen penduduk Purwakarta terhambat kekurangan vaksin COVID-19

Target Vaksinasi COVID-19 Purwakarta Terhambat Krisis Stok VaksinAbdul Halim/IDN Times

Untuk mewujudkan kekebalan kelompok (herd immunity), bupati menargetkan vaksinasi tersebut bisa mencakup sebanyak 50 persen penduduk hingga akhir 2021. Target tersebut akan mudah direalisasikan karena masyarakat juga dinilai antusias mengikuti vaksinasi.

Antusiasme itu terlihat seperti pada vaksinasi COVID-19 yang digelar di kawasan Waduk Ir Juanda Kabupaten Purwakarta. "Hari ini ada tiga desa dengan target 1.000 orang. Saya lihat tadi yang daftar itu sangat antusias," katanya.

2. Vaksinasi COVID-19 untuk pekerja sektor perikanan di kawasan Waduk Jatiluhur

Target Vaksinasi COVID-19 Purwakarta Terhambat Krisis Stok VaksinANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Vaksinasi kali ini menyasar masyarakat umum, terutama yang bekerja di sektor perikanan. Keberadaan Waduk Jatiluhur sebagai kawasan pariwisata, kuliner dan produksi perikanan dinilai strategis sehingga memerlu perlindungan dari penularan Covid-19.

"(Vaksinasi dibutuhkan) para pedagang dan operator perahu juga bagi mereka yang sering berinteraksi dengan masyarakat banyak," ujar Anne. Kegiatan itu sekaligus dimanfaatkannya untuk menyosialisasikan protokol kesehatan.

3. Vaksinasi COVID-19 untuk kaum disabilitas belum optimal

Target Vaksinasi COVID-19 Purwakarta Terhambat Krisis Stok VaksinSeorang penyandang disabilitas netra memakai masker sambil menunggu bantuan dari dermawan di sekretariat PERTUNI Medan, Jumat (23/7/2021). Kaum disabilitas juga merasakan dampak pandemik yang membuat mereka tidak berpenghasilan. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sebelumnya, vaksinasi COVID-19 juga dilakukan terhadap ratusan warga penyandang disabilitas di Rumah Sakit Gunung Putri, Kecamatan Purwakarta. Kaum disabilitas yang menjadi target vaksinasi di Purwakarta mencapai 1.331 orang.

Bupati mengatakan kegiatan tersebut masih berkolaborasi dengan Komando Distrik Militer 0619/Purwakarta. Vaksin Covid-19 tersebut disuplai dari Komando Daerah Militer III/Siliwangi karena persediaan vaksin di Dinas Kesehatan setempat sangat minim.

Namun, Anne mengatakan keterbatasan fisik warga disabilitas menjadi kendala tersendiri. "Mungkin nanti kita akan memfasilitasi dengan antar jemput dari kaum disabilitas karena kasihan dari ruang gerak mereka yang terbatas," ujarnya.

4. Masyarakat Purwakarta paling antusias ikuti vaksinasi dibandingkan daerah lain

Target Vaksinasi COVID-19 Purwakarta Terhambat Krisis Stok VaksinAbdul Halim/IDN Times

Sementara itu, Komandan Resimen Militer 063 Sunan Gunung Jati Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga mengakui antusiasme masyarakat Purwakarta mengikuti vaksinasi. Bahkan, ia menyebut masyarakat Purwakarta dan Karawang paling antusias di antara daerah lainnya.

"(Antusiasme masyarakat) itu menunjukkan bahwa pengetahuan mereka (mengenai pentingnya vaksinasi) sudah bagus," kata Elkines didampingi Komandan Kodim 0619/Purwakarta Letnan Kolonel Arm Krisrantau Hermawan seusai penyaluran bantuan sosial di wilayah Purwakarta.

Baca Juga: Percepat Vaksinasi COVID-19, Pemkab Garut Incar 28 Ribu Warganya

Baca Juga: Satgas COVID-19 Jabar: Vaksinasi Rendah Sebabkan Kematian Meningkat

Baca Juga: Demi Herd Immunity Tanah Air, Masifkan Vaksinasi COVID-19 di Daerah

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya