Pesanan Susu Kambing asal Purwakarta Meningkat saat Ramadan

Susu kambing diklaim menyehatkan dan menyembuhkan penyakit

Purwakarta, IDN Times - Kambing menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Purwakarta sebagai bahan baku sate maranggi. Selain dagingnya, susu kambing juga memiliki potensi pasar yang menguntungkan meskipun belum banyak peternak yang memproduksinya.

Permintaan susu kambing perah itu bahkan meningkat saat Ramadan seperti sekarang. Peningkatan itu dialami produsen susu kambing di peternakan Salamah Kecamatan Purwakarta.

Menurut pemilik peternakan tersebut, Abdulllah permintaan susu kambing meningkat hingga dua kali lipat dari hari biasanya. “Saat ini, dalam sehari bisa produksi 60 liter susu kambing perah,” katanya, Jumat (31/3/2023).

Produk susu kambing dari peternakannya dijual dalam kemasan ukuran 250 mililiter seharga Rp 10 ribu. Selain itu, peternakannya juga biasa memasok susu kambing untuk salah satu pabrik di Yogyakarta.

1. Pemasaran susu kambing terbantu teknologi daring

Pesanan Susu Kambing asal Purwakarta Meningkat saat RamadanIlustrasi e-commerce. IDN Times/Helmi Shemi

Abdullah mengaku sudah beternak dan memproduksi susu kambing perah sejak 2005. Menurutnya, perjalanan mengolah dan menjual produknya selama ini mengalami berbagai kendala. “Pada awalnya terkendala dalam pemasaran,” katanya.

Namun, Abdullah kini dapat memanfaatkan aplikasi belanja daring untuk memasarkan produknya ke berbagai daerah. Tak hanya di wilayah Purwakarta tapi juga dari berbagai daerah seperti Karawang, Subang, Bandung hingga Yogyakarta.

2. Perawatan kambing mudah tapi pakan ternak susah

Pesanan Susu Kambing asal Purwakarta Meningkat saat Ramadanfaunadanflora.com

Berkait kerja keras dan konsistensinya, Abdullah bisa menambah jumlah kambingnya dari semula hanya empat ekor kini sudah mencapai sekitar 150 ekor. Namun, kambing yang sudah produktif menghasilkan susu baru mencapai 35 ekor di antaranya. 

Untuk perawatan kambing-kambing itu Abdullah menilai cukup mudah. “Yang sulit itu mengenai ketersediaan pakan keringan di Purwakarta belum ada pemasok. Seperti konsentrat, itu sulit (didapatkan),” ujarnya.

3. Kambing perah Saanen didatangkan dari Australia

Pesanan Susu Kambing asal Purwakarta Meningkat saat Ramadanilustrasi susu kambing (freepik.com/freepik)

Kambing yang diternak di tempatnya itu diketahui memang jenis kambing khusus untuk menghasilkan susu perah, yakni kambing Saanen. Abdullah mengaku sengaja mendatangkan kambing itu dari Australia karena belum banyak tersedia di Indonesia pada saat itu.

“Kambing Saanen ini keunggulannya menghasilkan susu 3-5 liter per hari, bahkan ada yang sampai enam liter sehari. Kalau kambing biasa menghasilkan susunya hanya setengah liter per hari,” tutur Abdullah.

4. Khasiat susu kambing diklaim terbukti secara klinis

Pesanan Susu Kambing asal Purwakarta Meningkat saat Ramadanilustrasi minum susu (pexels.com/cottonbro)

Abdullah meyakinkan susu kambing Saanen sudah terbukti secara klinis bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh seperti paru-paru, jantung dan hati. Selain itu, susu tersebut juga diklaim dapat mengobati berbagai penyakit, salah satunya diabetes.

“Rasanya juga tidak amis walaupun diminum langsung (tanpa dimasak terlebih dulu). Bahkan, ada sedikit rasa manisnya,” kata salah seorang pembeli susu kambing dari peternakan Salamah, Alex.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Polio, 30 Anak di Purwakarta Diambil Sampel

Baca Juga: Kasus di Purwakarta Rusak Status Bebas Polio Indonesia Sejak 2014

Baca Juga: Balita di Purwakarta Positif Polio Akibat Tak Ikut Imunisasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya