Tips Jadi Fotografer Fashion Ala Nicoline Patricia

Belajar sambil ikut kompetisi berhadiah Rp9,5 juta

Bandung, IDN Times – Ruang gerak yang dibatasi selama pandemi tidak selamanya membuat pelaku seni berhenti berkarya. Faktanya, kegiatan virtual workshop fotografi bertajuk “World-Class Short Recipe” yang diselenggarakan pada Minggu, 14 November 2021, masih ramat diikuti oleh para pecinta fotografi.

Kegiatan yang merupakan episode ke-4 Lensa Academy 2021 ini telah diikuti lebih dari 500 pegiat seni foto dari berbagai penjuru Indonesia. Sebelumnya, sepanjang 2021, Lensa Community telah menyelenggarakan rangkaian Lensa Academy 2021 secara daring dengan menghadirkan berbagai narasumber kenamaan Indonesia.

Misalnya, pada episode 1 akhir Februari lalu, Lensa Academy menghadirkan content creator Chandra Liow, yang berbagi rahasia dalam menghasilkan karya-karya out of the box sehingga dapat menuai prestasi.

Di episode ke-2 pada Juli lalu, giliran sineas senior Dimas Djay yang menjadi narasumber dalam workshop bertajuk "Cooking Ideas Before Action".

Rangkaian berlanjut ke-3 ketiga pada pertengahan September kemarin dengan menghadirkan Bill Satya yang berbagi ilmu tentang fotografi jalanan dalam “Become Street Specialist”.

Di eposide keempat alias jilid pamungkas tahun ini, Lensa Academy menghadirkan fashion photographer kelas dunia Nicoline Patricia. Wanita kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini berbagi ilmu dan pengalaman seputar seluk beluk dunia fashion photography di panggung internasional.

1. Fotografer harus punya tekad yang kuat

Tips Jadi Fotografer Fashion Ala Nicoline PatriciaNicoline Patricia di Lensa Academy 2021 (IDN Times/Istimewa)

Lewat workshop ini, Nicoline membagi pelatihan menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, dara yang mengawali kariernya di Belanda ini menguraikan seluk-beluk fashion photography kepada para peserta.

Di sesi kedua, Nicoline memberikan gambaran lebih utuh dengan menggelar Live On-Set, yakni praktik langsung pemotretan fashion photography bersama para model.

“Dunia fotografi itu sangat luas. Sampai saat ini, saya pun masih terus belajar dalam bidang fotografi karena akan selalu ada ilmu baru,” tutur Nicloine, dalam rilis yang diterima IDN Times, Rabu (17/11/2021).

Dalam sesinya, Nicoline membagikan pengalaman dan perjuangannya menggeluti bidang fashion photography. Menurutnya, semua teknik fotografi dapat dipelajari secara otodidak.

Yang terpenting bagi seorang fotografer, kata dia, adalah tekad dan kemauan yang tidak terhenti oleh hambatan sebesar apapun.

“Banyak fotografer yang ikut workshop karena ingin tahu fotografi secara teknis. Itu bagus, tapi kalau menurut saya semua pelajaran itu bisa didapat dari sumber mana pun. Yang utama adalah rasa ingin tahu yang besar dan kemauan yang tidak tergoyahkan. Jika ada kemauan yang keras, pasti ada jalan,” ujar Nicoline.

Tidak hanya itu, bagi Nicoline, pondasi yang tidak kalah penting dalam industri visual ini adalah teamwork dan membangun kepercayaan terhadap orang lain dalam tim.

2. Nicoline dihadirkan karena pengalamannya

Tips Jadi Fotografer Fashion Ala Nicoline Patriciainstagram.com/@npmalina

Bagi Sigit Diopsaputra, Perwakilan Lensa Community, pemilihan tema dan jajaran narasumber yang merupakan pelaku seni kelas wahid di Tanah Air tak lepas dari komitmen Lensa Community yang ingin memberikan insipirasi dan ide-ide kreatif baru bagi para pelaku seni audio visual di Indonesia. 

“Melalui Lensa Academy, kami ingin menggali lebih banyak talenta dan potensi para pecinta visual yang ada di seluruh negeri dengan cara berbagi pengalaman dan menimba ilmu dari para narasumber yang merupakan expertise yang sangat profesional di bidangnya,” kata pria yang akrab disapa Diop ini.

Begitu pula dengan kehadiran Nicoline Patricia kali ini. Baginya, Nicoline memberikan gambaran yang lebih utuh tentang industri fashion photography dunia.

Apalagi, Nicoline, yang juga merupakan mantan model, memang menjadi fotografer populer di genre-nya. Bagaimana tidak, ia pernah mengukir karier sebagai fotografer yang mengadakan pemotretan dengan bintang kelas dunia, Liv Tyler.

“Kami ingin memberikan sentuhan baru dengan menghadirkan narasumber kelas dunia seperti Nicoline Patricia.”

“Nicoline diharapkan dapat menginspirasi dan memberi wawasan yang lebih luas bagi para penggemar visualgrafi, terutama fotografi, untuk memperdalam berbagai teknik dalam seni fashion photography,” katanya.

3. Ada kompetisi berhadiah Rp9,5 juta

Tips Jadi Fotografer Fashion Ala Nicoline PatriciaNicoline Patricia di Lensa Academy 2021 (IDN Times/Istimewa)

Tidak hanya workshop, sebenarnya Lensa Academy juga telah menggelar Lensa Challenge dengan tema Simplicity Redefined. Lewat kompetisi ini, Nicoline menantang para peserta workshop untuk kembali ke dasar ilmu fotografi yaitu fofografer, model, dan lighting.

Nicoline berharap, peserta dapat memberikan karya foto terbaiknya bermodalkan teknik dan kreativitas, tanpa dibantu properti tambahan.

Hasil karya para peserta yang mengikuti tantangan ini akan diumumkan secara live di Instagram @lensacommunity pada 28 November 2021. Para pemenang yang berhasil terpilih akan mendapatkan total hadiah senilai Rp9,5 Juta.

Baca Juga: 5 Tips Foto dengan Kamera HP agar Instagram Feed Makin Keren

Baca Juga: 10 Gaya OOTD Nicoline Patricia Ini Bukti Fotografer Paling Fashionable

Baca Juga: 10 Ide Island Outfit ala Fashion Fotografer Nicoline Patricia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya