Transportasi Terintegrasi, Bandung-BIJB Kertajati Hanya Butuh Satu Jam

Dishub pastikan moda transportasi penghubung sudah siap

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat terus mengoptimalkan transportasi penghubung antara Bandung sampai Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Beberapa transportasi lain di daerah sekitar bandara juga terus digenjot.

Kadishub Jabar, A. Koswara mengatakan, Pemprov Jabar telah memberikan izin untuk 12 operator angkutan antarmoda untuk mengoperasikan bus secara maksimal dan melayani trayek dari berbagai wilayah di Jabar.

"Sehingga angkutan yang menunjang ke dan dari Bandara Kertajati dinyatakan telah siap," ujar Koswara, Selasa (21/11/2023).

1. Dishub Jabar juga lakukan evaluasi pada mitra transportasi

Transportasi Terintegrasi, Bandung-BIJB Kertajati Hanya Butuh Satu Jam(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Berdasarkan data yang dimilikinya, dari awal beroperasi hingga 3 November 2023 jumlah penumpang tergolong tinggi dibandingkan tanggal lainnya. Ada sebanyak 2.258 orang terbang dari BIJB Kertajati.

Untuk mengoptimalkan itu, Dishub Jabar menggelar diskusi dan evaluasi. Dalam forum itu para peserta membahas berbagai hal terkait optimalisasi penggunaan angkutan udara dan angkutan antarmoda di BIJB Kertajati.

"Hasil dari FGD ini dapat dijadikan rekomendasi sebagai dasar pertimbangan untuk penyusunan program kegiatan promosi BIJB Kertajati di tahun selanjutnya," kata Koswara.

2. Warga Bandung belum banyak tahu soal Tol Cisumdawu terhubung ke BIJB Kertajati

Transportasi Terintegrasi, Bandung-BIJB Kertajati Hanya Butuh Satu Jam(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu Executive GM BIJB Kertajati, Nuril Huda mengatakan, optimalisasi penerbangan yang ada di Bandara Kertajati perlu terus didorong. Sebab saat ini masih banyak warga terutama warga Kota Bandung belum mengetahui sudah terpadunya akses ke Kertajati.

"Hasil survei otorita bandara baru-baru ini menunjukan 30 persen warga Bandung belum tahu ada Tol Cisumdawu sudah tersambung ke Bandara Kertajati," ujar Nuril.

3. Terbang lewat BIJB Kertajati lebih cepat

Transportasi Terintegrasi, Bandung-BIJB Kertajati Hanya Butuh Satu Jam(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nuril menambahkan, salah satu cara untuk mengoptimalkan informasi ke masyarakat yaitu dengan promosi yang terus menerus agar tumbuh kepercayaan. Hal itu akan turut menggugah calon penumpang untuk turut terbang ke BIJB Kertajati.

"Masyarakat harus tahu jika terbang dari Kertajati itu lebih cepat dibanding ke Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Nuril mencatat penerbangan dari Kertajati mulai optimal di lima rute dari tujuh rute yang ada. Sebanyak 70 persen masih meminati rute ke Denpasar pada akhir pekan.

"Angkanya naik terus, kami harap terus tumbuh karena antar moda transportasi sudah siap, akses tol dan fasilitas lain seperti hotel juga sudah ada," kata dia.

Baca Juga: Murah dan Cepat, Ini Daftar Harga Angkutan Umum ke BIJB Kertajati

Baca Juga: Bey Machmudin: BIJB Kertajati Mulai Beroperasi Penuh Besok!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya