Comscore Tracker

Inovasi Jadi Langkah Restoran Katsu Asal Bandung Hadapi Resesi 2023

Mitigasi resesi 2023 harus dilakukan sejak saat ini

Bandung, IDN Times - Resesi ekonomi banyak kerap diprediksi terjadi pada 2023. Sejumlah sektor juga diperkirakan akan terdampak, salah satunya adalah sektor industri kuliner yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat pada umumnya.

Berbicara kuliner tentu berkaitan dengan restoran. Untuk menghadapi resesi pada 2023,  semua cara dipersiapkan sedini mungkin oleh para pengusaha restoran, sebagai langkah mitigasi. Salah satu restoran yang sudah menyiapkan ancang-ancang untuk hadapi prediksi ini yaitu Katsunyaka, restoran katsu asal kota Bandung.

1. Inovasi akan terus dilakukan

Inovasi Jadi Langkah Restoran Katsu Asal Bandung Hadapi Resesi 2023Gerai Katsunyaka di Ciwalk (Istimewa)

Menurut Agnes Rebecca Novalia, salah satu founder Katsunyaka, dalam menghadapi resesi 2023 sejumlah langkah harus disususn sejak saat ini. Hal ini sebagai benteng agar industri restoran tetap bisa bertahan. Dan salah satu yang terpenting adalah inovasi.

"Kami akan selalu membuat ide baru yang segar serta terus melakukan inovasi yang baru, baik itu produk maupun penambahan outlet di kota lain," ujar Agnes, dikutip melalui keterangan resesi, Senin (5/12/2022).

2. Katsunyaka coba berinovasi dengan menyesuaikan perkembangan zaman

Inovasi Jadi Langkah Restoran Katsu Asal Bandung Hadapi Resesi 2023Blogger

Lebih lanjut, Agnes mengatakan, Katsunyaka berawal sejak 2019 dengan menawarkan konsep resto yang berada di tempat tersembunyi dan jauh dari hiruk-pikuk keramaian, sesuai dengan konsep resto Jepang.

Menurutnya, di Jepang sendiri makanan yang enak kerap kali berasal dari restoran yang letaknya tersembunyi. Namun, dengan ramainya perkembangan media sosial, lambat laun pertumbuhan restoran Katsunyaka semakin naik, dan respons dari pasar pun sangat baik.

Sehingga, dia beserta owner lainnya berani membuka cabang yang lebih besar di kawasan Cihampelas Walk, Bandung. Area keramaian tersebut dipilih karena ia pikir sudah saatnya resto yang dimilikinya lebih berkembang dan lebih dikenal oleh banyak orang.

3. Penyesuaian menu dengan karakter lidah masyarakat Indonesia juga dilakukan

Inovasi Jadi Langkah Restoran Katsu Asal Bandung Hadapi Resesi 2023instagram.com/mariakarinaa

Agnes optimistis bisnis yang dikelolanya dapat berkembang. Prediski itu muncul lantaran sejak 2019 ia mengalami tren positif dan semakin dikenal.

Bahkan, kata dia, saat ini terdapat lebih dari 30 menu yang terdiri dari beragam olahan katsu dan minuman segar yang ditawarkan.

"Olahan katsu yang ditawarkan dipastikan telah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia," kata dia.

Dia memberikan contoh menu yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia, yaitu; chicken curry yang menyandingkan olahan chicken katsu dengan kuah kari dan telor dadar sehingga terasa lezat ketika disantap.

Sementara untuk tempat, meski tak terlalu luas, ia mengklaim nyaman dengan beragam ornamen Jepang yang ditempeli di beberapa sudutnya.

Untuk diketahui, Katsunyaka sendiri saat ini telah memiliki tujuh outlet yang tersebar di kota Semarang dan Bandung. Adapun gerai baru telah dibuka di kawasan pusat Cihampelas Walk Bandung yang diresmikan pada Minggu (4/12/2022 ).

Baca Juga: Resep Tempe Katsu Saus Asam Pedas, Tak Kalah Nikmat dari Ayam Katsu

Baca Juga: Resep Chicken Katsu Mozarella ala Hokben, Gurih dan Bikin Nagih

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya