Comscore Tracker

5 Tip Fotografi Jalanan dengan Ponsel

Hal-hal yang lebih penting ketimbang kamera

Ada yang lebih penting daripada kamera dalam proses berkarya fotografi, ialah kreativitas seorang fotografer. Jika memang begitu, tidak ada halangan dalam menciptakan karya foto yang baik sekali pun dilakukan lewat kamera ponsel.

Fernando Randy, pelakon street photography (fotografi jalanan), membenarkannya. Menurut dia, sudah banyak karya foto baik yang dihasilkan lewat kamera ponsel--bahkan mengalahkan hasil karya kamera profesional.

Namun, dalam dunia fotografi jalanan, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum mengabadikan sebuah momentum di ruang publik. Apa saja tip dan trik Fernando Randy bagi para fotografer ponsel?

Baca Juga: 6 Trik Jitu Hasilkan Foto Menarik Setara DSLR Pakai Ponsel iPhone

1. Mengenal fitur kamera

5 Tip Fotografi Jalanan dengan PonselInstagram/FernandoRandy

Yang pertama, kata Fernando, seorang gadget user perlu mengenal baik-baik fitur kamera dalam ponsel mereka. Maka itu, ia menyarankan seseorang untuk meluangkan waktu beberapa menit guna mencoba dan memahami bernagai fitur yang ada dalam ponsel.

"Misalnya bagaimana kamera ponsel melakukan lock focus, mengatur white balance, atau bahkan fitur brust (biasanya pada iPhone)," kata Fernando, ketika dihubungi IDN Times, Rabu (3/7).

Brust merupakan fitur menangkap banyak gambar dalam satu kali jepretan. Fitur tersebu biasanya digunakan untuk mengambil momentum dengan tempo yang singkat.

Pernah satu ketika, Fernando memberi tahu rekan seprofesinya soal fitur brush yang terdapat pada iPhone. Temannya itu kaget, karena sebelumnya tak mengetahui ada fitur canggih yang menjadi andalan kamera iPhone.

"Jadi kita harus benar-benar memahami kamera ponsel. Jangan membeli ponsel hanya karena megapiksel yang besar, atau alasan-alasan lainnya saja. Karena dalam street photography itu bicara kepakaan, bicara rasa, maka pemahamannya lebih dari pada itu," kata dia.

Baca Juga: Gajian Mau Ganti Handphone? Simak 9 Tips Beli Ponsel Baru Nih

2. Hindari daerah remang

5 Tip Fotografi Jalanan dengan PonselInstagram/FernandoRandy

Bagaimana pun, performa kamera ponsel tetap tak akan dapat menyaingi jenis kamera profesional seperti mirrorless. Maka itu, lanjut Fernando, seorang fotografer ponsel mesti pintar-pintar memilih tempat dalam berkarya fotografi jalanan.

Misalnya, Fernando mencontohkan, memilih tempat-tempat dengan intensitas cahaya yang cukup. "Cari tempat dengan cahaya yang maksimal, misalnya pagi hari di sebuah taman, siang hari di terminal, dan sore hari di stasiun. Cahaya maksimal membantu kita mendapatkan foto street yang oke," ujarnya.

Baca Juga: 5 Tips untuk Menghemat Baterai Ponsel Saat Traveling!

3. Meningkatkan kepekaan

5 Tip Fotografi Jalanan dengan PonselInstagram/FernandoRandy

Baca Juga: 10 Negara Pengguna Ponsel Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Selanjutnya ada kemampuan yang perlu ditingkatkan bagi seorang fotografer ponsel, yakni sejauh mana ia dapat merespons situasi sekitar dengan baik. Semakin memahami lingkungan sekitar, maka seorang fotografer semakin memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan momen yang baik untuk genre street photography.

Tak hanya itu, Fernando pun memberi tip agar fotografer ponsel selalu peka terhadap isu yang sedang ramai dibicarakan publik. "Misalnya publik Jakarta saat ini sedang ramai bicara MRT, ya, kita main ke stasiun. Cari apa yang sederhana dan menarik di sana," katanya.

4. Selalu melakukan persiapan yang baik

5 Tip Fotografi Jalanan dengan PonselInstagram/FernandoRandy

Semua kemampuan dan pemahaman soal kamera ponsel akan menjadi sia-sia jika seseorang abai dalam mempersiapkan kegiatan berfoto. Kebiasaan buruk itu, kata Fernando, tidak hanya dialami oleh fotografer pemula melainkan juga bagi fotografer profesional.

"Ini hal yang simpel, seperti pastikan baterai telah di-charge penuh lalu siapkan memory sebesar-besarnya. Memang ini simpel, tapi banyak sekali yang suka abai," ujar Fernando.

Baca Juga: Ingin Ganti Ponsel Baru, Ini 6 Smartphone Paling Keren di Awal 2019

5. Mempelajari aplikasi ponsel

5 Tip Fotografi Jalanan dengan PonselInstagram/FernandoRandy

Hasil foto ponsel tentu punya kualitas di bawah hasil jepretan kamera profesional. Maka itu, Fernando mengimbau agar seorang fotografer mempelajari berbagai aplikasi memoles foto yang bisa diunduh dengan mudah.

"Kalau saya pribadi memakai Snapseed. Tapi selain itu ada aplikasi lain yang bagus untuk menyempurnakan foto, misalnya Vsco, Adobe Lightroom, dan aplikasi-aplikasi lainnya," katanya.

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Galih Persiana

Just For You