Comscore Tracker

Rogoh Kocek Rp1 Miliar, Lapangan SSB UNI Bandung Direnovasi

Banyak pemain Persib lahir dari lapangan ini

Bandung, IDN Times - Untuk warga Bandung yang menyukai sepakbola pasti tak asing mendengar sekolah sepakbola (SSB) UNI. Tempat ini menjadi cikal bakal para pemain sepak bola profesional di klub Liga Indonesia bahkan menembus tim nasional (Timnas).

Saat ini kondisi lapangan SSB UNI tampak kurang layak. Lapangan utamanya pasir, bukan rumput. Alhasil ketika digunakan bermain bola debu dari lapang sangat mengganggu.

Melihat lapangan yang kurang layak bagi bibit muda persepakbolaan Indonesia, CEO Jebreetmedia Valentino akan menggelontorkan dana untuk melakukan perbaikan. Menurutnya, keinginan untuk memperbaiki lapangan ini dimulai saat dirinya datang dan melihat tempat latihan ini.

“Saya datang sewaktu ulang tahun UNI Juni kemarin, kemudian main ke sini dan ternyata berdebu. Kemudian ngobrol-ngobrol kalau butuh direnovasi karena dibutuhkan sekali untuk siswa-siswa di sini,” katanya ditemui usai melakukan pertandingan persahabatan dengan mantan pemain UNI dan sejumlah wartawan, Minggu (30/10/2022).

1. Perbaikan lapang bisa berdampak pada kualitas pemain binaan

Rogoh Kocek Rp1 Miliar, Lapangan SSB UNI Bandung DirenovasiIDN Times/Istimewa

Valentino paham lapang sepak bola UNI sangat melekat dengan sejarah SSB-nya. Namun, dia memastikan renovasi bukan untuk mengubah sejarah yang sudah tercipta, tapi menambah kualitas para pemain jebolan di sini.

“Poin utamanya kami bukan mau mengubah sejarah, kami ingin menambah kualitas lapangan agar jebolan pemain UNI yang memang banyak sekali ini bisa lebih ramai dan berprestasi lagi,” kata dia.

Tak main-main, dia bersama partner lainnya menggelontorkan dana lebih dari Rp1 miliar untuk membuat lapangan ini minimal layak dan nyaman dipakai pemain.

2. Ditarget rampung Februari 2023

Rogoh Kocek Rp1 Miliar, Lapangan SSB UNI Bandung DirenovasiCEO Jebretmedia Valentino. IDN Times/Istimewa

Saat ini proses renovasi sudah dimulai dengan perbaikan drainase. Mulai pekan depan, lapangan ini untuk sementara tidak bisa dipakai.

“Ini sudah mulai drainase dan besok kalau enggak salah lapang sudah enggak bisa dipakai. Makanya kami adakan match ini, karena kemarin grounbreaking lebih ke seremonial saja dengan kontraktor,” katanya.

“Biaya sih enggak mungkin ratusan juga, tetapi lebih dari Rp1 miliar, karena ini bukan mini soccer. Jadi ke depannya bisa saja (perbaikan) ke tribun atau fasilitas lain,” katanya.

Proses renovasi lapang sepak bola UNI Bandung ditargetkan bakal rampung pada Februari 2023. Adapun dalam kegiatan testimoni match, digelar beberapa kali pertandingan antara Jebreet Media dan Press FC.

Pertandingan semakin seru dengan kehadiran sejumlah mantan pemain dan pelatih jebolan SSB UNI. Hadir juga eks pemain Persib Bandung yakni Eka Ramdani dan Zaenal Arief.

3. Banyak pemain berkualitas dihasilkan SSB UNI

Rogoh Kocek Rp1 Miliar, Lapangan SSB UNI Bandung DirenovasiIDN Times/Istimewa

Sementara itu, perwakilan pengurus SSB UNI, Boy Jati Asmara mengatakan bahwa kondisi lapangan dan fasilitas memang cukup memprihatinkan. Terkendala dana, pihaknya pun belum mampu merenovasinya.

Lapangan bola UNI sangat gersang dan berdebu. Bagian tribun pun cukup sempit dan hanya mampu menampung sekitar puluhan orang saja.

“Sarana di sini memang tidak representatif juga,. Kalau hujan ya ada genangan, kemarau juga debunya parah. Kalau jatuh juga, bukan hanya tangan yang patah tetapi juga ada lainnya,” tuturnya.

Ia pun bersyukur ketika tim dari JebreetMmedia yang dipelopori Valentino Simanjuntak menawarinya untuk perbaikan lapangan.

Alhamdulillah koordinasi dengan bang Valent (Valentino) dan berbaik hati mau membantu. Karena ini bentuknya bukan investasi, tetapi goodwill. Saya berharap dengan pembangunan ini sarana bisa menunjang prestasi,” jelasnya.

Eks pemain Persib itu bertekad mencetak pesepak bola andal lainnya, seperti yang sudah dilahirkan SSB UNI Bandung. Beberapa nama pesepak bola yang berhasil dicetak UNI di antaranya ialah Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Gian Zola, Deden Natshir, dan Beckham Putra.

Sementara legenda Persib juga banyak yang sebelumnya menimba ilmu di sini, sebut saja Zaenal Arief, Eka Ramdani, Eka Ramdani, dan Atep.

Baca Juga: Liga Indonesia Terhenti, Luis Milla Genjot Fisik Pemain Persib 

Baca Juga: Bagaimana Caranya KLB PSSI Bisa Digelar? Ini Syaratnya

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya