Ramadan Masa Kini, Ini Tips Jalani Puasa Ala Wali Kota Bandung

Mang Oded ajak warga Bandung tetap produktif saat ramadan

Bandung, IDN Times - Pelaksanaan ibadah puasa sudah berlangsung tiga hari. Selama Ramadan, sebenarnya tidak ada yang harus dihilangkan dari rutinitas harian pada kondisi tidak berpuasa. Justru, selama Ramadan, masyarakat harus tetap produktif terutama semakin dekat dengan Allah SWT.

Wali Kota Bandung Oded M Danial memiliki tiga tips bagi masyarakat dan generasi millennial untuk bisa menjalankan Ramadan agar lebih bermakna. Salah satu cara agar pelaksanaan Ramadan memiliki berkah adalah mendekatkan diri kepada sang Pencipta. 

"Kita harus merencanakan apa saja yang akan dilakukan selama Ramadan ini. Mumpung masih awal Ramadan, rencanakan sebaik mungkin," ujarnya saat memberikan ceramah tarawih, di Masjid Al Ukhuwah, Selasa (7/5). 

Dalam ceramahnya, Oded menyampaikan tiga tip menjalani Ramadan dengan mudah. Apa saja tips ala Mang Oded yang diberikan agar Ramadan kali ini lebih bermanfaat? yuk simak.

1. Perbanyak baca alquran

Ramadan Masa Kini, Ini Tips Jalani Puasa Ala Wali Kota Bandungpixabay.com

Mang Oded mengatakan, Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Segala sesuatu yang dilakukan umat muslim selama Ramadan akan mendapatkan pahala lebih besar. Karena itu, selama bulan puasa ini sebaiknya digunakan untuk membaca alquran lebih sering.

"Baca Alquran itu, misalkan sehari satu juz, ya di bulan Ramadan ini bisa 2 juz," ujarnya. 

Sehingga, pada akhir Ramadan, umat muslim bisa khatam alquran dengan pahala yang berlipat.

2. Lakukan salat tepat waktu

Ramadan Masa Kini, Ini Tips Jalani Puasa Ala Wali Kota BandungIDN Times/Humas Bandung

Oded menyebutkan, tips selama Ramadan ini merupakan kegiatan yang mudah dilakukan. Karena, sebagai umat muslim kegiatan membaca alquran sudah biasa dilakukan. Selain itu, adalah melaksanakan salat fardu atau wajib dengan tepat waktu.

Odedmewanti-wanti agar kaum muslimin melaksanakannya tepat waktu. Menurutnya, muslimin wajib melaksanakan salat dan tidak boleh menunda apalagi meninggalkannya.

"Ketika azan berkumandang, setop kegiatan kita, pekerjaan hentikan dulu. Kita ambil wudu dan salat berjamaah dengan tepat waktu," tegasnya. 

3. Perbanyak infak dan sedekah

Ramadan Masa Kini, Ini Tips Jalani Puasa Ala Wali Kota Bandungkardecriopreto.com.br

Mengenai infak dan sedekah, Oded mengingatkan agar umat muslim harus saling memberi dan membantu yang membutuhkan. Hal itu sesuai dengan kebiasaan Rasulullah yang selalu memberi kepada yang membutuhkan. 

"Biasakan gemar berinfak sedekah. Ditutup dengan zakat fitrah di akhir Ramadan ini. Bagi para pengusaha atau punya kekayaan cukup maka tunaikan zakat mal," kata Oded. 

Ia berharap umat muslim bisa mengimplementasikan tiga hal tersebut di Ramadan ini. Sehingga umat muslim Kota Bandung semakin dekat dengan Allah SWT.

"Isi Ramadan yang istimewa ini dengan program yang baik dan berkualitas," ujar Oded.

4. Generasi millennial harus hormati orang tua dan cinta Allah

Ramadan Masa Kini, Ini Tips Jalani Puasa Ala Wali Kota BandungIDN Times/Humas Bandung

Selain melaksanakan tiga tips selama Ramadan, Wali Kota Bandung Oded M Danial juga mengingatkan generasi milenial untuk selalu menghormati orang tua. Tak hanya itu, ia juga meminta generasi millennial tetap berpegang teguh pada ajaran agama.

"Generasi rabbani adalah generasi yang cinta kepada Allah dan hormat kepada orang tua," ucap Oded saat membuka acara Pengajian Remaja "Generasi Milineal Cerdas dan Berakhlakul Karimah” di Masjid Trans Studio Bandung, Selasa (7/5/2019).

Di kesempatan itu, Oded memotivasi para siswa dan siswi yang berasal dari berbagai sekolah di Kota Bandung tersebut, agar tak mudah puas diri dalam belajar. Sekalipun sudah menorehkan prestasi di sekolah, menurutnya proses belajar tak lantas harus berhenti.

‎Tak lupa Oded juga membagikan kiat jitu dalam proses belajar agar lebih mudah menyerap pelajaran. Yakni, sambung dia, dengan memanfaatkan waktu di duapertiga malam, setelah lebih dulu diawali tidur sebelum larut.

"Kalau mau sukses, jadilah generasi rabbani. Kalau seorang pelajar maka tugas pokoknya belajar yang baik. Rajinlah salat malam karena saat belajar yang tepat itu di dua pertiga malam," ujarnya.

‎Oded mengungkapkan, semua kunci sukses kehidupan sudah tertera dalam Alquran. Untuk itu, selain mempelajari ilmu yang diberikan di sekolah, para remaja juga harus menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran.

‎Oleh karenanya, Oded menyerukan agar seluruh pelajar bisa tetap memegang teguh nilai-nilai agama dan terus berjuang untuk menempuh ilmu. Sebab, kata dia, bukan hal mustahil salah satu di antara generasi yang hadir di Masjid Agung Trans Studio ini akan menjadi penerusnya sebagai pemimpin daerah.

"Mudah-mudahan adik-adik menjadi generasi rabbani yang mampu meneruskan pembangunan di Indonesia, khususnya di Kota Bandung," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya