Muhammad Farhan: 2 Nama Baru Layak Digodok NasDem untuk Capres 2024

Andika Perkasa dan Rahmat Gobel masuk dalam daftar

Bandung, IDN Times - Partai Nasional Demokrat (NasDem) terus memanaskan mesin politiknya untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 15 - 17 Juni 2022. Dalam rakernas nanti, tentunya akan menentukan arah politik sekaligus siapa calon presiden yang bakal diusung.

1. Muncul dua nama yang patut dipertimbangkan dalam rakernas

Muhammad Farhan: 2 Nama Baru Layak Digodok NasDem untuk Capres 2024Anggota DPR dari Fraksi Partai Nasional Demokrat, Muhammad Farhan (www.dpr.go.id)

Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem sekaligus Anggota Dewan Pakar DPW NasDem Jawa Barat, Muhammad Farhan menjelaskan, pertimbangan dukungan calon presiden semakin ketat. Penyaringan nama - nama capres dari semua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi terus berlangsung. Beberapa nama yang muncul memang rata - rata adalah nama-nama yang populer sebagai capres.

"Apabila diamati ada dua nama yang baru saja diwacanakan untuk menjadi nama - nama Capres yang mungkin diusulkan dalam Rakernas Partai NasDem di Jakarta nanti," ujar Farhan dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (25/5/2022).

2. Andika Perkasa dan Rahmat Gobel masuk dalam daftar

Muhammad Farhan: 2 Nama Baru Layak Digodok NasDem untuk Capres 2024Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menangis mendengar cerita paramedis (Youtube/TNI AD)

Kedua nama itu adalah, Andika Perkasa sebagai sosok yang mewakili kader pemimpin nasional dari TNI dan Rahmat Gobel sebagai sosok yang menyeruak mewakili kader pemimpin nasional dari Indonesia Timur.

"Dinamika munculnya dua nama baru itu membuat percaturan Capres jadi sangat menarik," ujarnya.

3. Peta koalisi ditentukan injury time jelang pemilu

Muhammad Farhan: 2 Nama Baru Layak Digodok NasDem untuk Capres 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Farhan menilai, sedangkan untuk sikap koalisi hingga saat ini belum layak dilakukan. Menurutnya, peta koalisi sekarang ini rasanya terlalu dini untuk dipastikan. "Karena ada banyak dinamika yang masih memungkinkan perubahan koalisi yang tidak mengikat tersebut," katanya.

Pasalnya, lanjut Farhan, ada beberala faktor yang masih belum bisa memastikan komposisi pemenangan di daerah mulai dari kandidat legislatif tiap partai di semua level. "Nama Capres definitif dengan pasangannya dan dinamika kepemimpinan parpol peserta pemilu," katanya.

4. NasDem masih menimbang dengan matang

Muhammad Farhan: 2 Nama Baru Layak Digodok NasDem untuk Capres 2024Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Farhan memastikan, NasDem tidak bimbang untuk menentukan figur berkaca dari perhelatan pemilu sebelumnya. "Bukan bimbang tapi menimbang dengan masak. Walaupun demikian, untuk kandidat presiden atau wakil presiden, nama kader NasDem Rahmat Gobel, patut diperhitungkan seiring dengan aspirasi dari kader - kader dan DPW dari Indonesia Timur," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya