Comscore Tracker

Penyebab Kecelakaan Maut 8 Tewas di Tol Cipali, Diduga Sopir Mengantuk

Polisi masih mendalami penyebab kejadian

Cirebon, IDN Times - Sebanyak delapan penumpang meninggal dunia dalam kecelakaan maut terjadi di ruas KM 184 Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Senin (10/8/2020). Kecelakaan itu melibatkan mikro bus elf dengan Toyota Rush. Dari data kepolisian menyebutkan, kecelakaan terjadi diduga karena sopir mikro bus elf bernomor polisi D-7013-AN mengantuk.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan, dua kemungkinan penyebab kecelakaan maut terjadi di ruas tol Cikopo-Palimanan kilometer 184.300. Pertama, diakibatkan karena kelalaian sopir mikro bus elf karena mengantuk. Kedua, kecepatan kendaraan terlalu tinggi. Akibatnya, kendaraan lepas kendali hingga menyeberang ke jalur berlawanan.

"Ada dua kemungkinan. Yaitu, sopir (elf) mengantuk atau kecepatan terlalu tinggi," kata Kapolda Irjen Pol Rudy di Cirebon saat meninjau korban di RSUD Arjawinangun, Senin (13/08/2020).

1. Mengumpulkan barang bukti

Penyebab Kecelakaan Maut 8 Tewas di Tol Cipali, Diduga Sopir MengantukPolisi melakukan olah TKP di Km 184 Tol Cipali kecelakaan maut yang mengakibatkan delapan orang penumpang meninggal dunia.

Kendati demikian, pihak kepolisian saat ini masih mencari bukti-bukti melalui hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), sehingga belum dapat dipastikan secara pasti penyebab kronologi kejadian kecelakaan maut tersebut.

Rudy mengatakan, anggota kepolisian masih mendalami penyebab pasti mobil elf pindah jalur ke arah berlawanan hingga menewaskan seluruh penumpangnya.

"Kami sedang kaji kenapa mobil elf ini bisa sampai menyeberang (ke jalur berlawanan)," kata Rudy.

2. Seluruh korban meninggal adalah penumpang elf

Penyebab Kecelakaan Maut 8 Tewas di Tol Cipali, Diduga Sopir MengantukPolisi melakukan olah TKP di Km 184 Tol Cipali kecelakaan maut yang mengakibatkan delapan orang penumpang meninggal dunia.

Rudy memastikan, delapan orang korban meninggal dunia itu merupakan penumpang mobil elf. Saat kejadian, penumpang di dalam kendaraan tersebut berjumlah 16 orang. Sementara, penumpang Toyota Rush bernomor polisi B-2918-PKL berjumlah delapan orang.

"Penumpang elf ada 16 orang, delapan meninggal dunia. Penumpang rush semua selamat," tuturnya.

3. Jenazah korban meninggal masih berada di RS

Penyebab Kecelakaan Maut 8 Tewas di Tol Cipali, Diduga Sopir MengantukIlustrasi pasien (IDN Times/Mardya Shakti)

Rudy mengatakan, delapan orang korban meninggal dunia saat ini masih berada di kamar jenazah RSUD Arjawinangun Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Sementara itu, seluruh korban luka sudah dibawa ke rumah sakit dan masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

"Seluruh yang meninggal ada di sini (RSUD Arjawinangun). Korban luka sudah dilarikan ke rumah sakit untuk ditangani," ujarnya.

Baca Juga: Laka Maut di Tol Cipali akibat Mobil Elf Terbalik dan Ditabrak Belakang

4. Mobil elf menyebrang di jalur berlawanan

Penyebab Kecelakaan Maut 8 Tewas di Tol Cipali, Diduga Sopir MengantukPolisi melakukan olah TKP di Km 184 Tol Cipali kecelakaan maut yang mengakibatkan delapan orang penumpang meninggal dunia.

Rudy menjelaskan, kecelakaan yang terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 184.300 tepatnya di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin  Kabupaten Cirebon pada pukul 03.30 WIB tersebut bermula saat mikro bus elf datang dari arah Jakarta menuju ke Jawa Tengah.  Kendaraan pembawa 16 penumpang itu menyebrang jalur hingga menghantam mobil Toyota Rush yang berada di jalur berlawanan.

"Kendaraan Elf melaju dari arah Jakarta ke Jawa Tengah setibanya di TKP kendaraan menyeberang ke jalur berlawanan," terangnya.

Baca Juga: Sering Terjadi Kecelakaan Maut, Ini 6 Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol

5. Berikut daftar nama korban meninggal

Penyebab Kecelakaan Maut 8 Tewas di Tol Cipali, Diduga Sopir MengantukIlustrasi Pasien (IDN Times/Mardya Shakti)

Berikut data nama dan alamat korban meninggal dunia yang masih berada di RSUD Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

1. Sunad, 51 tahun Pengemudi, Laki-laki, Alamat Kel. Menteng dalem Rt 015/011 Kec. Tebet Jakarta Selatan (Diduga Pengemudi Kendaraan mikro bus Elf).

2. Putri Ainur Ifazah, 18 tahun, perempuan, alamat Desa Meleten Rt 18/03 Kec. Adiwerna Kab. Tegal.

3. May Sri Korina, 21 tahun, perempuan, alamat Desa Lumingser Rt 20/03 Kec. Adiwerna Kab. Tegal, Jawa Tengah.

4. Cayem, 62 tahunh, perempuan, alamat Desa Tembelang Rt 06/02 Kec. Jatibarang Kab. Brebes, Jawa Tengah.

5. Suharjo, 40 tahun, laki-laki, alamat Desa Bersoleh Rt 18/04 Kec. Adiwerna Kab. Tegal, Jawa Tengah.

6. Rapiah, 55 tahun, perempuan, alamat Desa Bersoleh Rt. 10/2 Kec. Adiwerna Kab. Tegal, Jawa Tengah.

7. Warkonah, 35 tahun, perempuan, Alamat Desa Bersoleh Rt 18/04 Kec. Adiwerna Kab. Tegal, Jawa Tengah.

8. Sugeng Raharjo, 54 tahun, laki-laki,  Alamat Jl. Mangga Desa Balapulang Rt 03/01 Kec. Balapulang Kab. Tegal, Jawa Tengah.

Baca Juga: [BREAKING] 8 Orang Dikabarkan Tewas dalam Kecelakaan Maut di Tol Cipali KM 184 

Topic:

  • Wildan Ibnu
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya