Masuk Sekolah Favorit di Sistem Zonasi, Putri Ridwan Kamil Semringah

Zahra diterima di SMA Negeri 3 Bandung

Bandung, IDN Times – Pemerintah telah berupaya maksimal dalam beberapa tahun terakhir untuk menghapus pandangan sekolah favorit di Kota Bandung. Namun, sejauh ini cita-cita itu belum berhasil dihapuskan, karena SMA Negeri 3 masih menjadi sekolah primadona yang dipandang bergengsi oleh masyarakat, khususnya di Kota Bandung. Maka, tak heran jika putri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Camillia Laetitia Azzahra atau sering dipanggil Zahra, semringah setelah diterima di SMAN 3 Bandung.

“Seneng banget. Berkesan saja sih,” kata Zahra, kepada waratawan di SMAN 3 Bandung, Jalan Belitung, Kota Bandung, ketika ditanya soal perasaannya setelah melihat pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA 2019.

1. Perjalanan Ridwan Kamil

Masuk Sekolah Favorit di Sistem Zonasi, Putri Ridwan Kamil SemringahIDN Times/Galih Persiana

Dari perjalan hidup dan cita-cita yang ditargetkan, Zahra tampak ingin mengikuti langkah sang bapak. Sama dengan Zahra, Ridwan Kamil juga tercatat bersekolah di SMAN 3 Bandung.

Kini, Zahra bercita-cita masuk ke Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) setelah lulus dari SMAN 3 Bandung. Ayahnya pun mendalami dunia arsitektur di ITB, sebelum akhirnya melanjutkan jenjang magister ke Universitas Berkeley, California, Amerika Serikat.

2. Ingin mengambil ekstrakulikuler kesenian

Masuk Sekolah Favorit di Sistem Zonasi, Putri Ridwan Kamil SemringahDok. IDN Times/istimewa

Sejauh ini, Zahra dipandang doyan dunia fotografi. Pasalnya, dalam unggahannya di media sosial Instagram, Zahra kerap kerap membagikan hasil jepretannya.

Namun, kepada wartawan, Zahra mengaku tak akan mendalami dunia fotografi selama berada di SMAN 3 Bandung. Padahal, di SMA tersebut terdapat ekstrakulikuler fotografi. “Aku lebih senang kesenian, lebih ke seni-seni yang lain, jadi bakal milih yang ada seninya,” tutur dia.

3. Apa kata Athalia?

Masuk Sekolah Favorit di Sistem Zonasi, Putri Ridwan Kamil Semringahinstagram.com/ridwankamil

Rasa semringah tak hanya ditunjukan oleh Zahra, melainkan juga oleh Athalia Praratya Kamil, sang ibunda. Menurut Athalia, SMAN 3 Bandung adalah sekolah yang telah lama menjadi target Zahra.

“Alhamdulillah Zahra ini mendapat sekolah sesuai yang diharapkan. Sekolahnya memang sangat dekat dengan tempat tinggal kami, masih dalam wilayah sekitar 1 km,” ujar Athalia, menampik kabar Zahra masuk ke SMAN 3 Bandung tanpa mengikuti aturan zonasi.

4. Mewakili perasaan orang tua

Masuk Sekolah Favorit di Sistem Zonasi, Putri Ridwan Kamil Semringahinstagram com/qka.attamimi

Sama seperti orang tua lainnya, kata Athalia, ia pun merasa deg-degan ketika menunggu pengumuman hasil PPDB 2019. Ia khawatir putrinya tak mendapat apa yang diharapkan. “Tapi yang paling penting kita sebagai orangtua dapat memberikan yang terbaik pada anak,” ujarnya.

Athalia mengatakan, keinginan anaknya masuk ke SMAN 3 Bandung salah satunya karena rasa penasaran yang memuncak soal bersekolah di sekolah milik pemerintah.

“Dia senang sekali, karena dalam perjalanannya dia selalu berada di sekolah swasta. Jadi ketika masuk ke jenjang SMA, dia bilang pada saya: Mama, Zahra mah ingin sekolah negeri” ujar Athalia.

5. Ridwan Kamil akan ajarkan Zahra ilmu arsitektur

Masuk Sekolah Favorit di Sistem Zonasi, Putri Ridwan Kamil SemringahIDN Times/Galih Persiana

Menurut Athalia, sudah sejak lama putrinya bercita-cita menjadi seorang arsitek seperti sang bapak. “Daru awal Zahra ini sudah menunjukkan ketertarikan pada dunia arsitek,” tuturnya.

Keinginan itu, kata Athalia, disambut baik oleh sang bapak. Bahkan, Ridwan Kamil mengatakan bahwa ia akan memberi arahan pada Zahra agar dapat menjadi arsitek yang unggul.

“Ayahnya mengatakan bahwa siap mengajarkan dia (Zahra) rahasia, bagaimana menjadi arsitek yang baik, gitu. Tapi intinya ayahnya senang,” kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya