Dimutasi dengan Jabatan Baru, Ini Jasa Agung Budi di Polda Jabar

Dua kali pemilu serentak, dan dua multievent internasional

Bandung, IDN Times – Inspektur Jenderal (Irjen) Agung Budi Maryoto dua hari lalu resmi dicopot jabatannya sebagai Kepala Polisi Daerah Jawa Barat. Selanjutnya, ia akan berdinas sebagai Kepala Badan Intelejen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Meski demikian, baru hari ini Polda Jabar menggelar acara pisah sambut di Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Sabtu (4/5).

Di setiap pergantian pimpinan, acara pisah sambut menjadi kegiatan internal Polri. Namun kali ini terlihat berbeda, karena TNI pun diundang layaknya keluarga Polri. Hal tersebut, kata Agung, tak lepas dari hubungan baik antara TNI dan Polri sejauh ini.

Upacara pisah sambut dimulai pukul 09.30 dan berakhir pukul 11.30. Kegiatannya diawali dengan upacara sekaligus pidato pelepasan Agung dan penyambutan Kapolda Jabar baru, Irjen Rudy Sufahriadi.

Setelah merampungkan upacara, Agung dan Budi beserta istri masing-masing lantas diarak menggunakan panser. Di akhir acara, tepatnya di gerbang pintu keluar Polda Jabar, Agung lantas digotong puluhan aparat polisi. Air muka Budi terlihat menahan haru.

Budi berdinas sebagai Kapolda Jabar selama 19 bulan 27 hari. Selama itu, agenda besar apa saja yang pernah ia tangani?

1.Pemilihan Umum (Pemilu)

Dimutasi dengan Jabatan Baru, Ini Jasa Agung Budi di Polda JabarIDN Times/Galih Persiana

Agenda yang tentu tak boleh luput dari pengamanan Polda Jabar ialah Pemilu. Dalam pidatonya, Agung mengucapkan terimakasih pada segenap personelnya yang diklaim berhasil mengamankan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak 2018, dan Pemilihan Presiden dan Calon Legislatif (Pilpres dan Pileg) 2019.

“Kita baru-baru ini telah melaksanakan kegiatan yang cukup melelahkan, yaitu pengamanan pemilu serentak. Sungguh merupakan sinergitas yang sangat baik terjalin dari tingkat kota atau tingak Polda, sampai tingkat desa yaitu para Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat),” tutur dia.

2. Asian Games dan Asian Para Games

Dimutasi dengan Jabatan Baru, Ini Jasa Agung Budi di Polda JabarIDN Times/Galih Persiana

Tak hanya itu, selanjutnya agenda besar yang pernah ditangani Agung selama berdinas di Polda Jabar ialah penyelenggaraan Asian Games (AG) dan Asian Para Games (APG) 2018. Bagik AG mau pun APG yang digelar pada Agustus-Oktober 2018, memang menggunakan wilayah Jawa Barat sebagai lokasi pertandingan beberapa cabang olahraga.

Misalnya, dalam cabang olahraga balap sepeda AG yang digelar di Subang, Jawa Barat. Tak hanya itu, Polda Jabar pun kebagian tugas untuk mengamankan kegiatan pawai obor AG yang digelar di tiga kota yakni Purwakarta, Bandung, dan Garut.

“Kta juga melakukan pengamanan yang bersifat internasional, yaitu pengamanan Asian Games dengan Asian Para Games,” katanya.

3. Berterimakasih pada TNI

Dimutasi dengan Jabatan Baru, Ini Jasa Agung Budi di Polda JabarIDN Times/Galih Persiana

Sebenarnya, baik pengamanan pemilu mau pun AG dan APG, bukan semata-mata menjadi tugas Polda Jabar. Ada pula TNI yang bertugas membantu pengamanan di lapangan.

Maka itu, sebelum berpisah, Agung tak lupa mengucapkan terima kasih pada Panglima Kodam III Siliwangi, Mayor Jenderal (Mayjen) Tri Soewandono. “Lebih khusus saya ucapkan rasa hormat dan bangga, serta terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pangdam III Siliwangi beserta seluruh komandan satuan TNI yang telah membantu pelaksanaan pengamanan, baik skala nasional mau pun internasional,” tutur Agung.

4. Keberhasilan milik Polda Jabar, kesalahan milik Agung

Dimutasi dengan Jabatan Baru, Ini Jasa Agung Budi di Polda JabarIDN Times/Galih Persiana

Sebelum mengakhiri pidatonya, Agung tak lupa meminta maaf bila mana tutur kata juga sikapnya pernah menyakiti perasaan anggota Polri dan TNI. Ia pun meminta restu kepada bekas pasukannya, agar tugasnya sebagai Kabaintelkam Polri dapat terlaksana dengan baik.

“Kalau ada keberhasilan itu adalah keberhasilan semua anggota dan jajaran. Tapi kalau ada kesalahan, itu kesalahan saya sebagai pimpinan pada saat itu,” ujar Agung.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya