Wali Kota Bandung Imbau Warga Lebih Bijak Melihat Hasil Pemilu

Tunggu hasil resmi real count dari KPU

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial mengimbau masyarakat tetap tenang dengan pemberitaan di berbagai media massa mengenai hasil pemilihan umum (pemilu) khususnya pemilihan presiden (pilpres) 2019. Jangan sampai hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga justru membuat kekacauan di lingkungan masyarakat.

Oded menegaskan, para pemilih sebaiknya menunggu hitungan secara real dari komisi pemilihan umum (KPU) baik di daerah maupun di tingkat pusat. Jadikan hasil KPU sebagai rujukan, bukannya lembaga survei yang bisa saja tidak akurat.

"Saya imbau kepada seluruh masyarakat menahan diri dan menunggu hasil resmi KPU,” kata Oded usai teleconfrence dengan Pemerintah Provinsi di Posko Tim Pemantauan Pemilu 2019, Balai Kota, Jalan Wastukancana, Bandung, Kamis (18/4).

1. Pemkot telah berkoordinasi untuk amankan pemilu

Wali Kota Bandung Imbau Warga Lebih Bijak Melihat Hasil PemiluIDN Times/Yogi Pasha

Menurut Oded, dari awal persiapan pemilu pihaknya telah berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menjaga kelancaran penyelenggaraan. Dengan suasana menjelang pencoblosan yang telah terjaga, Oded berharap kondisi ini bisa berlangsung hingga masa penetapan.

"Mudah-mudahan ini menjadi indikator pendidikan politik di Jawa Barat khususnya Kota Bandung berjalan dengan baik," kata Oded.

2. KPU kota masih lakukan penghitungan C1

Wali Kota Bandung Imbau Warga Lebih Bijak Melihat Hasil PemiluIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bandung, Suharti menyatakan, saat ini proses pergerakan surat suara masih dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan menuju Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). KPU Kota Bandung akan  merilis hasil penghitungan sementara berdasarkan scan data formulir C1.

Suharti menyerukan agar masyarakat mengakses www.pemilu2019.kpu.go.id untuk hasil penghitungan sementara‎. Namun, dia menegaskan, hasil tersebut belum final. Karena keputusan akhir dari Pemilu 2019 akan disahkan dalam rapat pleno KPU.

"Sekarang ini data masih belum masuk ke KPU. Tetapi ada form c1 yang harus diantar ke KPU. Kita memproses entry dan scan, data itu yang akan menjadi data publikasi sementara," ujarnya.

Meski demikian, data itu bukan hasil final. Hasil final itu dari rekapitulasi berjenjang dari tingkat kecamatan tingkat provinsi dan tingkat nasional," paparnya.‎

Baca Juga: Ini Harapan Millennial di Jabar Terhadap Presiden Terpilih Nanti

Baca Juga: Unggul Sementara Versi KPU Jabar, di Mana Daerah Kemenangan Jokowi?

3. Butuh 10 hari untuk menyelesaikan penghitungan dari kecamatan

Wali Kota Bandung Imbau Warga Lebih Bijak Melihat Hasil PemiluDok. Pribadi/Mia Lubis

Suharti mengungkapkan, dari 17 hari waktu penghitungan di tingkat kecamatan, bakal tuntas dalam 10 hari. ‎Selanjutnya proses penghitungan akan dilanjutkan di tingkat kota.

"Sesuai dengan tahapan rekapitulasi di tingkat kecamatan itu dari tanggal 18 April sampai 5 Mei. Tetapi hari ini kecamatan masih merekap hari, sehingga kemungkinan baru besok siap rekapitulasi," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya