Wagub Jabar Masih Bungkam Terkait Laporan Dugaan Penipuan Rp3,9 Miliar

Emil minta kasus ini jangan sampai ganggu kedinasan Uu

Bandung, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum masih bungkam ketika ditanya terkait laporan dirinya atas dugaan penipuan sebesar Rp3,9 miliar. Laporan dugaan itu dilakukan seorang kontraktor ke Polda Jabar pada Selasa(26/11).

Nilai proyek sebesar Rp3,9 miliar itu menyakut kerugian 13 pekerjaan milik pemerintah yang dikelola sang pelapor Budi Santosa. Nama Uu Ruzhanul Ulum terpaksa dilaporkan karena di saat proyek berlangsung mantan Bupati Tasikmalaya ini masih memiliki kuasa.

Kasus ini menjadi yang ke sekian kali yang menyeret nama Uu. Sebelumnya dia juga pernah disebut-sebut dalam kasus penyelewengan dana bantuan sosial (Bansos).

Sayangnya, Uu tak pernah sekalipun memberikan tanggapan resmi atau sanggahan atas kasus yang menimpanya. Uu memilih bungkam dan enggan berkomentar panjang.

"Ah enggak ah, no comment ya," ungkapnya singkat ketika ditemui di Gedung Sate usai membuka acara Hari Bambu Nasional, Rabu (27/11).

"Silakan tafsirkan saja ya," tambahnya sembari meninggalkan pewarta yang mengejarnya.

1. Polda Jabar akan mengkaji terlebih dulu laporan ini

Wagub Jabar Masih Bungkam Terkait Laporan Dugaan Penipuan Rp3,9 MiliarIDN Times/Azzis Zulkhairil

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, kasus tersebut tidak akan serta merta dibuka kembali meski ada bukti baru. Penyidik Ditreskrimum akan menguji lebih dulu bukti baru yang dibawa oleh Budi serta kuasa hukumnya.

"Kalau sekarang bawa bukti baru, lalu membuka perkara tersebut, itu otoritas ada pada penyidik. Polisi melayani dalam hal ini penyidik akan menguji penyelidikan kembali dan ini berdasarkan bukti baru," katanya.

2. Uu diharap ikuti proses hukum yang berlaku

Wagub Jabar Masih Bungkam Terkait Laporan Dugaan Penipuan Rp3,9 MiliarIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau pihak manapun untuk bisa menghormati hukum yang berlaku. Setiap hal yang berkaitan dengan perkara hukum jelas harus diselesaikan lewat koridor hukum yang berlaku. Prosedur atas hukum sudah ada yang tinggal dijalankan.

"Saya harap agar semua bisa clear. Dan saya harap yang terbaik untuk situasi ini," ujar Emil ditemui di rumah dinasnya.

3. Berharap kasus ini tidak pengaruhi kinerja kedinasan sebagai wagub Jabar

Wagub Jabar Masih Bungkam Terkait Laporan Dugaan Penipuan Rp3,9 MiliarIDN Times/Debbie Sutrisno

Emil sebenarnya berharap agar Uu tidak bermasalah dengan persoalan di kepolisian. Sebab dia sudah ditugasi untuk meningkatkan perekonomian di Jabar dan tugas ini sangat besar.

"Semoga (kasus ini) tidak mengganggu kedinasan, dan kita lihat saja follow up seperti apa," ujar Emil.

Baca Juga: Gara-gara Proyek Masjid Rp3,9 M, Wagub Jabar Dilaporkan ke Polda Jabar

Baca Juga: Pembangunan Tol Cigatas Tak Jadi Prioritas, Wagub Jabar Sakit Hati

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya