Comscore Tracker

Siswa-Guru Positif COVID, 11 Sekolah di Bandung Hentikan PTM 

Sudah ada 54 orang di sekolah yang terpapar virus corona 

Bandung, IDN Times - Sejumlah sekolah dasar (SD) di Kota Bandung mulai menghentikan aktivitas pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Itu dilakukan usai diketahui terdapat siswa yang positif COVID-19 setelah ikut dalam tes acak PCR oleh dinas kesehatan.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna membenarkannya. Penutupan ini sesuai dengan arahan bahwa ketika ada lima persen siswa dan guru dalam satu sekolah terpapar virus corona, maka PTM harus dihentikan sementara.

"Ada kan sekarang yang sudah mulai dihentikan PTMTm aduh namanya saya lupa tapi di level SD," ujar Ema, Jumat (22/10/2021).

1. Kalau mereka sembuh, sekolah PTM boleh dilakukan kembali

Siswa-Guru Positif COVID, 11 Sekolah di Bandung Hentikan PTM Forpimda Jombang pantau PTM di SMA 3. IDN Times/Zainul Arifin

Menurut Ema, aturan menyebutkan bahwa jumlah siswa dan guru yang positif hanya boleh di bawah lima persen ketika ingin melanjutkan PTM. Dengan demikian, sekolah yang sekarang ditutup harus memastikan tidak ada siswa atau guru yang terpapar di atas lima persen.

"Pokoknya ada beberapa sekolah lah yang kita minta ptmt nya itu dihentikan dulu, kalau sudah kembali normal silahkan jalan lagi. Kalau di bawah lima persen itu masih bisa berjalan," kata dia.

Ema pun meminta agar setiap sekolah bisa mengikuti regulasi dalam penyelenggaraan PTM agar tidak terjadi penyebaran virus corona yang masif.

2. Disdik pastikan data dari dinkes terus diperbaharui

Siswa-Guru Positif COVID, 11 Sekolah di Bandung Hentikan PTM Tes acak siswa yang ikuti PTMT di Kota Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Saat ini dinas kesehatan (dinkes) masih melakukan pendataan hasil swab PCR siswa dan guru yang sudah dilakukan pekan kemarin. Data ini terus diperbaharui untuk kemudian diberikan ke dinas pendidikan (disdik).

Ema mengatakan, jika ada data baru dan kedapatan sekolah tersebut terdapat siswa dan guru yang terpapar virus corona maka akan langsung diberhentikan PTM-nya.

"Yang utama adalah penanganan yang harus sesuai standar. Kita sudah wanti-wanti ke ibu kadis pokoknya jangan ada hal yang sifatnya abai," kata dia.

3. Vaksinasi pada murid dipercepat

Siswa-Guru Positif COVID, 11 Sekolah di Bandung Hentikan PTM Ilustrasi vaksinasi pelajar ANTARA FOTO/Arnas Padda

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar menjelaskan, sebelum PTMT Tahap 2 pada September lalu dilakukan, Pemerintah Kota Bandung telah menyiapkan berbagai langkah untuk mewujudkan pembelajaran yang mengutamakan keselamatan anak dan kesehatan warga sekolah.

Di antaranya Vaksinasi bagi seluruh PTK, Self Asessment melalui aplikasi, Verifikasi lapangan, Vaksinasi Siswa dan Surveillance melalui Test PCR kepada siswa dan guru dengan sampling sebanyak 10 persen dari sekolah yang sudah melaksanakan PTMT. Serta pengawasan melalui Tim Pengawas Monev penyelenggaraan PTMT secara terus menerus dan berkesinambungan.

“Prioritas kami adalah keselamatan serta kesehatan Siswa dan warga sekolah. Jadi, rangkaian pencegahan dan tindak lanjut penanganan kasus jika ada kejadian biasa maupun luar biasa, sudah kami persiapakan. Termasuk percepatan vaksinasi anak usia 12-17 tahun sudah mencapai dua ratus ribu lebih siswa,” ujar Hikmat melalui siaran pers.

Pemerintah Pusat dalam upaya Percepatan Vaksinasi anak usia 12-17 tahun adalah sebesar 70 persen. Sementara Kota Bandung telah melebihi target dengan melakukan vaksinasi sebanyak 205.892 siswa atau 80,87 persen melalui Gebyar Vaksinasi Pelajar Kota Bandung.

Selain vaksinasi, Pemkot Bandung pun menyelenggarakan surveillance atau pengawasan berupa swab antigen bagi siswa dan guru yang mengikuti PTMT secara acak. Tahap pertama dilakukan pada 105 Sekolah dengan sampling 30 orang siswa dan 3 orang guru per sekolah.

Sebagai informasi, Kota Bandung mulai pelaksanakan PTMT pada 8 September 2021 bagi Satuan Pendidikan kelompok 1 yang telah melakukan tahapan ujicoba sebanyak 330 sekolah dengan kuota peserta belajar sebanyak 50 persen per kelas. Pada 15 September 2021 kelompok 2 mulai PTMT tahapan ujicoba sebanyak 1.667 Satuan Pendidikan dengan kuota peserta 25 persen per kelas.

Baca Juga: Siswa dan Guru Positif COVID-19 saat PTM di Bandung Terus Bertambah

Baca Juga: 14 Siswa Positif COVID-19 saat PTM, FAGI Imbau Sekolah Dihentikan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya