Comscore Tracker

Shin Tae-yong Sebut Laga Kontra Curacao Tingkatkan Performa Timnas

Pertandingan akan dilakukan dua kali

Bandung, IDN Times - Tim nasional (Timnas) Indonesia akan melakoni laga melawan Curacao akhir pekan ini, Sabtu (24/9/2022). Pelatih Timnas Shin Tae Yong menuturkan, pertandingan FIFA Matchday tersebut bisa memberikan dampak baik bagi performa skuat Garuda.

Curacao merupakan tim yang memiliki peringkat FIFA jauh di atas Timnas Indonesia. Peringkat Indonesia berada di posisi ke-155, sedangkan Curacao berada di peringkat ke-84.

"Memang sangat tinggi ya rangkingnya (Curacao), jadi saya ingin melihat tim kita apakah bisa melawan tim bagus ini dengan baik atau tidak, dan apakah bisa memainkan permainan yang kita inginkan," kata Shin Tae-yong di Bandung, Jumat (23/9/2022).

1. Siapkan tim secara matang

Shin Tae-yong Sebut Laga Kontra Curacao Tingkatkan Performa TimnasIDN Times/Debbie Sutrisno

Dengan menghadapi lawan yang lebih bagus, ia bersama tim pelatih bisa memperbaiki performa dan memainkan skema antisipasi bila menghadapi tim yang lebih kuat. Sehingga, kata dia, timnas Indonesia bisa lebih berpengalaman.

Shin Tae Yong pun mempersiapkan skuat Garuda dengan matang untuk menghadapi Curacao. Dia berharap laga kontra Curacao itu bisa berakhir dengan kemenangan bagi kubu tuan rumah.

"Saya tetap mempersiapkan tim ini dengan baik agar memberikan kebahagiaan kepada fans yang haus akan kemenangan," kata dia.

2. Tim sudah bersiap hadapi pemain yang lebih handal

Shin Tae-yong Sebut Laga Kontra Curacao Tingkatkan Performa TimnasIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Bek Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto mengatakan Timnas Curacao lebih kuat karena dihuni oleh sejumlah pemain dari klub liga-liga Eropa.

Sebagai pemain senior di lini pertahanan skuat Garuda, ia memastikan bakal bekerja secara maksimal untuk menjalankan arahan pelatih di lapangan.

"Dari tim pelatih sudah menganalisa bagaimana harus menyerang dan bertahan, mudah-mudahanan besok berjalan baik," kata Fachruddin.

3. Curacao optimis bisa raih kemenangan

Shin Tae-yong Sebut Laga Kontra Curacao Tingkatkan Performa TimnasIDN Times/Istimewa

Pelatih Curacao, Remko Bicentini menilai pertandingan esok akan menarik. Ini merupakan pengalaman pertama bagi timnya untuk bermain di kawasan Asia Tenggara.

Setelah melawati perjalanan hampir dua hari, tim tiba di Indonesia dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

"Kami berlatih kemarin dan merasakan kondisi stadion yang bagus, orang-orang di sini juga ramah. Karena itu kami punya motivasi yang bagus untuk pertandingan besok," ujarnya.

Meski tak tahu banyak mengenai sepakbola di Indonesia, tapi Remko melihat ada beberapa pemain Garuda yang bermain di luar negeri seperti Arhan Pratama. Namun, Curacao tidak akan takut karena para pemain tim ini pun mempunyai kualitas yang baik terutama dengan kompetisi lokal dan pengalaman para pemainnya.

"Saya rasa ada kesamaan antara Indonesia dan Curacao, perbedaannya hanyalah Curacao dihuni 160 ribu orang dan Indonesia sekitar 270 juta. Jadi menurut saya mereka punya lebih banyak opsi pemain, itu perbedaannya," ujarnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya