Comscore Tracker

Ridwan Kamil Minta Pendukung Rizieq Shihab di Jabar Tak Datangi Polres

Serahkan semua penegakkan hukum ke kepolisian

Bandung, IDN Times - Sejak Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Sihab ditetapkan tersangka dan ditahan, sejumlah pendukungnya ramai mendatangi Polres. Termasuk di Jawa Barat, ratusan massa pendukung Rizieq Shihab mendatangi polres untuk meminta agar kepolisian tidak menahan imam besar mereka atas kasus kerumunan yang terjadi.

Atas persoalan ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar massa pendukung Rizieq tidak lagi mendatangi setiap polres. "Saya imbau kita mengedepankan dialog dalam penyampaikan aspirasi secara damai," ujar Emil di Mapolda Jabar, Rabu (16/12/2020).

1. Warga harus bisa menahan diri

Ridwan Kamil Minta Pendukung Rizieq Shihab di Jabar Tak Datangi PolresMassa FPI unjuk rasa di Mapolresta Bandung. (IDN Times/Bagus F)

Mantan Wali Kota Bandung ini pun meminta semua pihak menahan diri dan menyerahkan kasus yang bergulir ke kepolisian agar bisa diproses secara hukum. Terlebih kewenangan kasus Rizieq saat ini sudah ditangani Mabes Polri, bukan lagi kewenangan di daerah.

"Saya imbau tidak usah lagi ke polres. Kita ikuti saja karena itu kewenangannya di pusat, ke polri pusat.Saya yakini bahwa hukum yang akan menentukan keadilan secara proposional," paparnya.

2. Ratusan simpatisan Rizieq sebelumnya datangi Mapolresta Bandung

Ridwan Kamil Minta Pendukung Rizieq Shihab di Jabar Tak Datangi PolresPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020) dini hari. Rizieq Shihab ditahan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk kepentingan penyidikan perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Ratusan orang dari Front Pembela Islam (FPI) menggelar aksi demonstrasi di depan Markas Polresta Bandung di Soreang, Kabupaten Bandung pada Selasa (15/12/2020) siang. Mereka menuntut imam besar mereka, Rizieq Shihab dibebaskan dan mengusut aksi penembakan yang dilakukan oleh polisi terhadap enam anggota FPI di jalan Tol Cikampek beberapa waktu lalu.

"Bebaskan pemimpin besar umat Islam Habib Rizieq dan usut tuntas meninggalnya enam syuhada rekan kami. Allahu Akbar," teriak salah seorang demonstran dari atas mobil komando.

Dari pantauan di lokasi, aksi unjuk rasa ini diikuti oleh simpatisan Rizieq Shihab yang datang dari berbagai daerah seperti Purwakarta, Garut, Bogor dan Bandung Raya.

Tampak di tengah ratusan kerumunan massa, banyak di antara mereka mengabaikan mengabaikan protokol kesehatan. Bukan hanya itu, tidak sedikit pula demonstran merupakan anak di bawah umur.

Aksi itu dimulai dari gerbang Pemda Kabupaten Bandung lalu berjalan kaki ke depan Mapolresta Bandung. Dua tuntutan mereka tampak lantang diteriakkan meski hujan deras mengguyur pada pukul 14.30 WIB.

3. FPI minta Polresta Bandung sampaikan tuntutan mereka ke pusat

Ridwan Kamil Minta Pendukung Rizieq Shihab di Jabar Tak Datangi PolresPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020). Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, aksi para Laskar FPI itu menuntut agar kepolisian Soreang menyampaikan tuntutan FPI yang berada di daerah agar disampaikan ke kepolisian pusat.

"Perwakilan sudah kami terima sekitar 6 orang didampingi oleh pak Dandim. Mereka menyampaikan bahwa mereka akan menyampaikan aspirasi secara damai, itu yang pertama," ujar Hendra.

"Kedua, ada beberapa tuntutan yang meminta kepada kami untuk menyampaikan tuntutan ini sehingga menjadi perhatian pada level atasnya," tambahnya.

4. Demonstran fokus dua tuntutan

Ridwan Kamil Minta Pendukung Rizieq Shihab di Jabar Tak Datangi PolresMassa FPI unjuk rasa di Mapolresta Bandung. (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu, Ketua DPW FPI Kabupaten Bandung, Agus Mulyana menyebutkan, aksi demonstrasi ini menuntut dua poin utama. Bebaskan Rizieq Shihab dan usut pembunuhan enam Laskar FPI.

"Kami menuntut, yang pertama usut dan adili secara tuntas, versi kami penculikan dan pembantaian enam laskar revolusi. Yang kedua, bebaskan imam besar kami, Habib Rizieq Bin Husein Sihab, sekarang juga tanpa syarat." kata Agus Mulyana.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya