Comscore Tracker

Puskesmas di Bandung Belum Berikan Vaksinasi Booster Tahap Kedua

Masyarakat sudah mulai mendaftar untuk vaksinasi

Bandung, IDN Times - Sejumlah puskesmas di Kota Bandung belum melakukan vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua kepada masyarakat. Salah satunya adalah Puseskmas Babakan Tarongong di Kecamatan Bojongloa Kaler.

Kepala UPT Puskesmas Babakan Tarogong dr Fardhiyan Solichin mengatakan, Puskesmas belum membuka pendaftaran vaksinasi dosis keempat karena ketersediaan vaksin belum ada.

"Karena belum ada vaksinnya. Tapi masyarakat sepertinya sudah tahu (info vaksinasi keempat), karena di elektronik flyer juga sudah ada kan," katanya, Selasa (24/1/2023).

Fardhiyan memprediksi pelaksanaan vaksinasi booster kedua baru akan dilakukan minggu depan.

1. Masih berikan vaksinasi 1 sampai 3

Puskesmas di Bandung Belum Berikan Vaksinasi Booster Tahap Keduailustrasi vaksinasi (unsplash.com/National Cancer Institute)

Sementara itu, hari ini UPT Puskesmas Babakan Tarogong masih melaksanakan vaksinasi untuk dosis pertama, kedua, dan ketiga. Jumlahnya ada 13 vial vaksin yang diberikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung kepada mereka.

"Jadi kalau dilihat dari animo terakhir tanggal 11 (Januari) dikasih 13 vial dari dinas, habis-habis saja. Hari ini tersisa 4 vial lagi dan diprediksi habis," tuturnya.

2. Warga sudah mulai mendaftar untuk mendapat vaksin dosis ke-4

Puskesmas di Bandung Belum Berikan Vaksinasi Booster Tahap Keduailustrasi vaksin flu (pexels.com/freepik)

Di UPT Puskesmas Sukagalih sendiri, menyiapkan 11 vial untuk vaksinasi dosis ke satu, dua, booster tiga dan empat. Total dari 60 orang yang mendaftar, hari ini sudah ada 40 orang yang sudah divaksin.

Kepala UPT Puskesmas Sukagalih dr Galuh Widya mengatakan, sebanyak 12 vial disiapkan untuk vaksinasi Covid. Dosis yang diberikan kepada mereka yang akan divaksin tergantung untuk vaksin dosis berapa.

"(Dosis) tergantung dia yang datang untuk dosis booster pertama, kedua atau bahkan dosis pertama. Beda dosisnya," tuturnya.

3. Booster penting untuk antibodi

Puskesmas di Bandung Belum Berikan Vaksinasi Booster Tahap Keduailustrasi tes antibodi COVID-19 (biopharma-reporter.com)

Sementara itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengajak masyarakat untuk segera mendaftarkan diri ke Puskesmas guna mendapatkan vaksinasi lanjutan. Meski sebelumnya sudah banyak warga mendapat booster pertama, tapi pemberian booster kedua diharap semakin menguatkan imun terhadap serangan COVID-19.

"Sehingga antibodi badan kita semakin baik. Ini antisipasi penyebaran COVID-19 varian apapun," ujarnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya