Petugas Lapas Sukamiskin Gagalkan Penyelundupan Narkoba dalam Bakso

Ada-ada saja usaha untuk penyelundupan barang haram ini

Bandung, IDN Times - Petugas di Lapas Sukamiskin berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika diduga jenis sabu-sabu ke dalam lapas. Narkotika itu diselundupkan melalui makanan bakso yang dibungkus rapi.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat Abdul Aris mengatakan, penyelundupan itu terjadi pada Selasa (15/9) malam sekitar pukul 19.45 WIB. Awalnya, petugas mendapat kiriman makanan berupa dua bungkus bakso dari seorang pengantar untuk narapidana atas nama Nurfajar.

"WBP (warga binaan pemasyarakatan) Nurfajar datang untuk mengambil bakso. Tapi, kami lakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan disaksikan WBP Nurfajar. Petugas mencurigai ada barang terlarang dalam kemasan bakso itu," kata Abdul Aris dalam keterangannya, Rabu (16/9/2020).

1. Dalam bakso terdapat tiga paket plastik sabu

Petugas Lapas Sukamiskin Gagalkan Penyelundupan Narkoba dalam BaksoTangkapan layar

Kepala pengamanan, lanjut Abdul, lantas datang untuk ikut memeriksa. Petugas membuka bungkusan bakso dan setelah dicek mereka menemukan ada barang terlarang di dalamnya.

"Didapat tiga paket plastik kecil berisi serbuk putih yang diduga narkotika jenis sabu-sabu," katanya.

2. Penggeledahan kemudian dilakukan di dalam sel tahanan

Petugas Lapas Sukamiskin Gagalkan Penyelundupan Narkoba dalam BaksoTangkapan layar

Ketka mendapati bungkusan tersebut, petugas lalu melakukan penggeledahan ke sel milik napi tersebut. Penggeledahan dilakukan hingga ke tiap sudut ruangan.

"Namun tidak ditemukan barang mencurigakan yang berkaitan dengan temuan tersebut (paket diduga narkoba)," tuturnya.

3. Barang temuan diserahkan ke BNN

Petugas Lapas Sukamiskin Gagalkan Penyelundupan Narkoba dalam BaksoIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Petugas lapas lalu berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Kota Bandung terkait temuan ini. Barang bukti saat ini sudah dibawa petugas BNN untuk ditindaklanjuti.

"Kita lakukan penyerahan barang bukti dan WBP yang terindikasi terlibat dalam upaya percobaan penyelundupan narkotika," katanya.

Baca Juga: Eks Bupati Indramayu yang Ditahan di Lapas Sukamiskin Positif COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya