Persib Berpotensi Balik ke GBLA Usai Batal Dipakai Piala Dunia U20

Persib tidak bermain dan berlatih di Bandung dari Januari

Bandung, IDN Times - Persib Bandung berpotensi kembali bisa menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat, setelah stadion itu batal digunakan sebagai tempat latihan dalam ajang Piala Dunia U20.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, sebelumnya GBLA tidak bisa digunakan Persib karena kualitas rumput yang ingin dijaga jelang pelaksanaan Piala Dunia U20.

"GBLA gak boleh dipakai karena ada Piala Dunia U20. Kalau sekarang nggak ada (batal) mudah-mudahan bisa dipakai," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

1. Masih ada pertandingan kandang yang akan dijalani Persib

Persib Berpotensi Balik ke GBLA Usai Batal Dipakai Piala Dunia U20Konferensi Pers Persib jelang laga lawan Persija (IDN Timez/Margith Juita Damanik)

Menurutnya, Persib Bandung masih menyisakan beberapa laga hingga Liga 1 musim 2022-2023 selesai. Sehingga dia berharap di laga-laga tersebut Maung Bandung bisa menggunakan GBLA.

Meski Stadion GBLA batal digunakan untuk Piala Dunia U20, tetapi kini statusnya belum diserahterimakan ke Pemkot Bandung pasca adanya renovasi. Sehingga ia pun masih menunggu hal itu untuk bisa memastikan nasib Persib menggunakan GBLA.

"Belum selesai (renovasi), masih sedikit lagi. Kemarin nggak boleh dipakai karena lapangannya rumput asli, beda dengan rumput di Lapangan Sidolig," katanya.

2. Sudah tidak bermain dan berlatih di Bandung sejak Januari

Persib Berpotensi Balik ke GBLA Usai Batal Dipakai Piala Dunia U20Lapangan Sidolig Dok. Humas Kota Bandung

Sejak Januari 2023, Persib sudah tidak bisa menggunakan Stadion GBLA untuk laga kandang. Di samping itu, Persib juga tidak bisa pindah ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, karena sebelumnya stadion tersebut terpilih tempat pertandingan Piala Dunia U20.

Sehingga dalam beberapa laga kandang, Persib menggunakan Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat. Selain Persib, Stadion Pakansari juga digunakan oleh beberapa klub lain sebagai kandangnya.

3. Sebelumnya muncul gelombang penolakan Timnas Israel main di Indonesia

Persib Berpotensi Balik ke GBLA Usai Batal Dipakai Piala Dunia U20Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, saat memberikan keterangan terkait pembatalan undian Piala Dunia U-20 2023 (IDN Times / Margith Juita Damanik)

Indonesia dipastikan gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023. Berikut ini kronologi Indonesia akhirnya batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya, FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/3/2023) malam WIB.

"FIFA sudah memutuskan, setelah Presiden Gianni Infantino berdiskusi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," tulis pernyataan FIFA.

FIFA juga berujar, tuan rumah baru pengganti Indonesia akan segera diumumkan beberapa waktu ke depan. Menurut beberapa kabar yang sudah beredar, ada tiga negara yang sudah siap, yakni Argentina, Qatar, dan Peru.

Untuk tanggal sendiri, tak akan ada perubahan. Piala Dunia U-20 2023 akan dihelat pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang, Hanya tempat saja yang berbeda, yakni bukan di Indonesia.

Salah satu alasan yang mencuat Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 adalah munculnya gelombang penolakan terhadap kedatangan Timnas Israel U-20.

Sebagaimana diketahui, negara tersebut dipastikan lolos ke putaran final ajang bergengsi ini usai jadi runner-up Piala Eropa U-19 2022.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Piala AFF Auranya Sama dengan Piala Dunia

Baca Juga: Erick Ungkap Sederet Alasan FIFA Coret RI Tuan Rumah Piala Dunia U20

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya