Comscore Tracker

Pencurian Masker di RSUD Pagelaran Cianjur Memprihatinkan

Bisa-bisanya lagi situasi ini ada oknum curi masker

Bandung, IDN Times - Ratusan dus masker hilang dicuri di RSUD Pagelaran, Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu. Masker ini raib di tengah kondisi kebutuhan alat pelindung diri (APD) di rumah sakit, termasuk masker menipis.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Jawa Barat Berli Hamdani mengatakan, pencurian yang dilakukan merupakan perbuatan memprihatinkan. Padahal, saat ini seluruh petugas medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya tengah berjuang berhadapan dengan virus corona (COVID-19) yang menjadi musuh bersama.

"Di tengah kita sedang menghadapi musuh masyarakat, ada oknum yang justru berperilaku seperti itu," ujar Berli ditemui di Gedung Pakuan, Selasa (24/3) sore.

1. Polisi harus mencari para pelaku dan memberikan hukuman yang tegas

Pencurian Masker di RSUD Pagelaran Cianjur Memprihatinkanilustrasi. (IDN TImes/Sukma Shakti)

Dia mengatakan, setiap tindakan apapun yang sifatnya merugikan banyak pihak apalagi mengancam keselamatan bersama sebuah bangsa harus ditindak tegas. Di saat pemerintah sedang melakukan pengendalian pandemi COVID-19, malah ada oknum yang memanfaatkan hal ini.

"Pelaku kejahatan seperti itu kita tidak harapkan. Kita minta ke penegak hukum bisa setegas mungkin (kepada pelaku pencurian masker)," papar Berli.

2. Masker diduga hilang di gudang farmasi

Pencurian Masker di RSUD Pagelaran Cianjur MemprihatinkanUnsplash/Tonik

Kepolisian dari Resor Cianjur, Jawa Barat, tengah menelusuri kasus hilangnya 270 dus stok masker di RSUD Pagelaran. Dugaan sementara, masker tersebut hilang dicuri dari dalam gudang farmasi rumah sakit.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Cianjur, Ajun Komisaris Ramdhany, mengatakan jika sebenarnya kepolisian belum cukup mendapatkan informasi tentang peristiwa tersebut. Kepada wartawan, Ramdhany menegaskan bahwa per hari ini polisi masih melakukan penyelidikan lebih mendalam.

"Kenapa belum ada laporan resmi karena pihak rumah sakit masih menginventarisir barang apa saja yang hilang selain ratusan dus masker," kata Ramdhany kepada wartawan, seperti dikutip Antara.

3. Stok masker makin langka

Pencurian Masker di RSUD Pagelaran Cianjur Memprihatinkanfreepik.com

Pencurian masker, kata Ramdhany, dipicu oleh semakin melangkanya alat penutup hidung dan mulut tersebut. Harga masker di Indonesia sejauh ini telah melambung lima sampai tujuh kali lipat dari harga aslinya, semenjak masyarakat dikhawatirkan dengan merebaknya virus corona atau COVID-19.

Dengan kondisi itu, ia menduga bahwa ada beberapa oknum yang tergiur mendapat keuntungan dari pencurian 270 dus masker itu.

4. Sempat tak sadar maskernya dicuri

Pencurian Masker di RSUD Pagelaran Cianjur MemprihatinkanCalon pengguna transportasi umum mengenakan masker saat melintasi kawasan Terowongan Kendal, Jakarta, Kamis (12/3/2020) (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Direktur RSUD Pagelaran, dr. Awie Darwizar, mengaku sempat tak menyadari bahwa stok maskernya dicuri oleh oknum. Ia baru menyadari telah menjadi korban pencurian yakni pada beberapa hari lalu, ketika ia membutuhkan masker untuk digunakan tenaga medis. 

"Catatan yang ada stok masker masih mencukupi, namun saat dibutuhkan dan diambil dari gudang farmasi, sudah tidak ada. Sehingga kami akan melaporkan pencurian ini ke pihak berwajib," katanya.

Baca Juga: Gegara Wabah Virus Corona, Penjahit di Jombang Banjir Pesanan Masker

Baca Juga: Kerja di Tengah Wabah COVID-19, Petugas Kebersihan Dibekali Masker 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya