Masuk Musim Kemarau Basah, Warga Bandung Bakal Kesulitan Air Bersih

Persoalan suplai air bersih di Bandung bermasalah dari dulu

Bandung, IDN Times - Persoalan minimnya suplai air bersih untuk warga Kota Bandung diprediksi akan terjadi lagi tahun ini. Sejak awal Juli 2022, wilayah Bandung Raya mulai memasuki musim kemarau, namun kondisi musim kemarau tahun ini agak berbeda karena sifatnya kemarau basah.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Muda Data dan Informasi BMKG Kota Bandung, Yan F. Permadhi mengatakan, dengan kondisi tersebut di saat musim kemarau hujan masih tetap berlangsung di atas normal, melebihi 20-100 persen.

Sementara pada bulan Juni kemarin, curah hujannya sudah mencapai 80-100 persen dari normalnya.

Ia menjelaskan, faktor terjadinya kemarau basah ini karena aktifnya la nina yang sudah berjalan sejak tahun lalu. Namun, memang kondisi sekarang la nina mulai lemah. Perkiraan netralnya akan berlangsung di September.

“Pada kemarau basah ini, warga harus waspada dengan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan angin kencang. Bahkan, ke depannya bisa terjadi kekeringan sampai kesulitan air bersih. Itu yang harus dipersiapkan oleh warga,” kata dia dalam diskusi Bandung Menjawab, Rabu (20/7/2022).

1. Bisa terjadi banjir dadakan di Bandung

Masuk Musim Kemarau Basah, Warga Bandung Bakal Kesulitan Air BersihIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Ia menambahkan, untuk wilayah Kota Bandung paling banyak akan terjadi bencana hidrometeorologi berupa banjir genangan. Selain itu, warga juga harus selalu menjaga kesehatan karena perubahan suhu yang sangat tinggi, dari panas ke dingin ataupun sebaliknya.

Bahkan, beberapa hari lalu seperti tanggal 15-16 Juli 2022 kemarin, Kota Bandung diguyur hujan seharian penuh meski kini berada di musim kemarau.

2. Waspada dengan beragam penyakit saat musim kemarau

Masuk Musim Kemarau Basah, Warga Bandung Bakal Kesulitan Air Bersihilustrasi demam akibat COVID-19 (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Yan, faktor fenomena ini berasal dari Indian Ocean Dipole (IOD) negatif dan gelombang ekuator. Untuk suhu bulan ini memang tergolong dingin. Di Kota Bandung, saat ini suhu dinginnya 17 derajat celcius. Bahkan, di Lembang sampai 14 derajat celcius.

"Perubahan suhu ini membuat stamina tubuh kita juga cepat berkurang. Diharapkan warga Bandung perlu waspada dengan beragam penyakit yang sering menyerang di musim pancaroba,” katanya.

3. Ada perubahan musim tanam karena perubahan cuaca

Masuk Musim Kemarau Basah, Warga Bandung Bakal Kesulitan Air Bersihilustrasi sayuran di pasar (IDN Times/Sunariyah)

Meski begitu, Yan menuturkan, ada sisi baik dari musim kemarau hujan ini. Masyarakat bisa saja berkecukupan air meski sudah masuk musim kemarau.

Namun, untuk para petani seperti di Ciwidey dan sekitarnya, mengalami berpengaruh pada proses bercocok tanam. “Pasokan pangan jadi terkendala. Beberapa petani jadi tidak bisa mulai menanam karena kondisinya terus hujan akhir-akhir ini,” ujarnya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Berpotensi Picu Bencana Alam di Jabar Tiga Hari ke Depan

Baca Juga: BPBD Sebut 15 Kecamatan di DKI Jakarta Berpotensi Kekeringan Tahun Ini

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Seluruh Dunia Krisis Air Bersih

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya