Jenazah Emmeril akan Dimakamkan di Cimaung Kabupaten Bandung

Ridwan Kamil dan Jenazah Eril diperkirakan tiba Sabtu, besok

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tengah berada di Swiss untuk menjemput jenazah anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz. Jenazah ditemukan pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, pihak keluarga rencananya menyemayamkan Eril di Gedung Pakuan, rumah dinas Gubernur Jabar.

Wahyu juga mengatakan pihak keluarga telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), bandara dan pihak keamanan.

"Sudah disiapkan, Siapkan bagaimana kalau disemayamkan di sini, dan lokasi pemakaman," ucap Wahyu dalam konferensi pers, Jumat (10/6/2022).

1. Dimakamkan di pemakaman keluarga

Jenazah Emmeril akan Dimakamkan di Cimaung Kabupaten BandungInstagram.com/arkanaidan

Menurutnya, setelah disemayamkan di Gedung Pakuan, jenazah Eril akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Diperkirakan rombongan dari Swiss akan tiba di Indonesia pada Sabtu (11/6/2022). Kemudian mereka bakal dijemput untuk menuju Kota Bandung.

"Minggu di sini (tiba di Bandung). Kami belum bisa memastikan, disemayamkan dulu di sini atau ke pemakaman langsung. Ini melihat waktu tiba dulu, memungkinkan atau tidak," kata Wahyu.

2. Kunjungan masyarakat ke pemakaman di Cimaung akan dibatasi

Jenazah Emmeril akan Dimakamkan di Cimaung Kabupaten BandungIlustrasi Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati)

Dia mengatakan, pihak keluarga tak melarang masyarakat untuk memberikan simpati dan doanya saat Eril dimakamkan. Namun, ia meminta agar masyarakat memaklumi situasi dan kondisi yang ada, sebab lokasi di pemakaman terbatas.

"Lingkungan di sana kapasitasnya tidak mencukupu jumlah besar. Ada pengaturan di sana, mohon maaf dari awal. Ini bertujuan agar keluarga nyaman. Masyarakat nyaman, dan semua yang hadir nyaman," ucap Wahyu.

3. Jenazah Eril kondisinya masih utuh

Jenazah Emmeril akan Dimakamkan di Cimaung Kabupaten BandungIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat ini Ridwan Kamil sudah berada di Swiss untuk menjemput Eril. Dia menyebut bahwa jenazah anaknya masih utuh ketika diangkat dari sungai tersebut.

"Alhamdulillah di rumah sakit Bern sesaat setelah memandikan jenazah Eril. Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya untuh karena sungai Aare sedingin kulkas dan minim fauna," kata Ridwan Kamil melalui cerita Instagram pribadi miliknya, Jumat (10/6/2022).

Menurutnya, kondisi ini membuat jasadnya tetap terjaga setengah membeku dan utuh. Semua bagian tubuhnya masih lengkap meski sudah berada selama 14 hari di dasar sungai.

Baca Juga: Mandikan Jenazah Eril, Ridwan Kamil Bersaksi Tubuh Anaknya Wangi 

Baca Juga: Ini Kata Ridwan Kamil kenapa Jasad Eril Masih Utuh saat Ditemukan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya