Jelang Arus Mudik, BNN Periksa Kesehatan Sopir di Terminal Cicaheum

Total BNN lakukan pemeriksaan urine 75 pengemudi bus

Bandung, IDN Times - Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Bandung bekerja sama dengan Polres Bandung dan Kepala Terminal Cicaheum melakukan tes urine kepada sejumlah pengemudi bus yang akan mengantarkan masyarakat mudik ke kampung halaman. Pengecekan ini dilakukan guna memastikan keselamatan para penumpang selama perjalanan.

Kepala BNNK Bandung Yeni Siti Saodah mengatakan, kegiatan pengecekan urine lumrah dilakukan bersamaan dengan Operasi Ketupat yang dilakukan kepolisian menjelang arus mudik. Tes urine kepada pengemudi penting karena mereka merupakan sosok paling vital dalam menjalankan bus yang mengangkut masyarakat.

"Kecelakaan lalu lintas itu ada karena beberapa faktor, salah satunya dari faktor manusia. Dan ini yang ingin kita jaga," ujar Yeni saat menjalankan program tes urine, Senin (27/5).

Melalui kegiatan ini BNN berupaya meminimalisir penyalahgunaan narkoba oleh para supir yang akan berdampak negatif bagi puluhan penumpang bus maupun pengguna jalan lain.

1. Belum ada temuan supir positif memakai obat terlarang

Jelang Arus Mudik, BNN Periksa Kesehatan Sopir di Terminal CicaheumIDN Times/Debbie Sutrisno

Hingga siang sekitar pukul 11.00 WIB, sudah ada 21 pengemudi bus yang mengikuti tes urine. Hasilnya tidak ada satupun dari mereka yang teridentifikasi menggunakan narkoba. Proses pengecekan ini akan dilakukan hingga sore hari dengan target pengemudi bus mencapai lebih dari 75 orang.

Jika nantinya ada temuan supir yang positif menggunakan narkoba setelah tes urine, BNN dan Polres Bandung akan melakukan pendalaman seperti berapa lama dia telah menggunakan obat terlarang ini. Jika yang bersangkutan telah lama menggunakan narkoba bisa jadi akan dipenjara atau masuk tempat rehabilitasi.

"Itu (rehabilitasi) kalau dia memang sudah lama pakai, dan tidak akan bayar juga," ujar Yeni.

2. Berencana melakukan tes urine di tempat lain

Jelang Arus Mudik, BNN Periksa Kesehatan Sopir di Terminal CicaheumIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, BNN Kota Bandung tidak akan berfokus melakukan tes urine hanya kepada pengemudi di Terminal Cicaheum. BNN juga dalam waktu dekat akan menjalankan kegiatan serupa di tempat lain seperti Terminal Leuwipanjang, stasiun kereta api atau bandara. Kegiatan tersebut tergantung koordinasi dari pihak setempat bersama dengan kepolisian.

"Tidak menutup kemungkinan kita lakukan di beberapa tempat," paparnya.

Baca Juga: Apel Gelar Pasukan, Pemkot Bandung Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran 2019

3. Dilakukan secara berkala

Jelang Arus Mudik, BNN Periksa Kesehatan Sopir di Terminal CicaheumIDN Times/Debbie Sutrisno

Kepala Satuan Narkoba Polrestabes Bandung, Irfan Nurmansyah menjelaskan, tes urine bukan merupakan hal baru dan sering dijalankan oleh pihak kepolisian di beberapa tempat. Namun menjelang arus mudik maka tes urine dilakukan di tempat fasilitas umum seperti terminal.

Cara ini diharap bisa memperkecil kecelakaan yang terjadi oleh ulah pengemudi mabuk atau di bawah pengaruh narkoba sehingga oleng ketika mengemudi. "Kita akan kontinyu prioritas di beberapa titik yang memang ramai oleh pemudik," kata Irfan.

Sejauh ini pihak kepolisian dan BNN belum menemukan supir yang positif. Untuk menjaga daya tahan mereka hanya minum minuman berenergi yang dianggap tidak akan membuat pengemudi pusing ketika menjalankan tugas.

Baca Juga: Kenali Ciamis dan Banjar, Ujung Jawa Barat di Jalur Mudik Selatan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya