Hadir di Bandung, Menpora Belum Pastikan Persib Bisa Main di GBLA Lagi

Persib harus pindah-pindah tempat dalam jalani Liga 1

Bandung, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyaksikan pertandingan Persib vs PSS dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (5/2/2023).

Amali mengisi salah satu kursi penonton di area Royal Box. Didampingi sejumlah pejabat tinggi PT Persib Bandung Bermartabat, ia antusiasi bisa menyaksikan laga tersebut.

Amali mengaku, kedatangannya untuk meninjau pertandingan Persib di GBLA. Pasalnya, stadion bertaraf Internasional itu merupakan salah satu venue yang dipakai untuk gelaran Piala Dunia U-20.

"Sekarang kan Liga 1 sudah mulai lagi, jadi kebetulan hari ini saya sempat, saya meninjau pertandingan di GBLA, Persib ini jadi homebasenya," kata Amali.

1. Tinjauan venue lain

Hadir di Bandung, Menpora Belum Pastikan Persib Bisa Main di GBLA LagiFoto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Ia menambahkan, tidak hanya GBLA, dirinya juga akan berkeliling ke beberapa stadion yang menyelenggarakan pertandingan Liga 1. Hal itu guna memastikan gelaran kompetisi Liga 1 itu berjalan aman, apalagi pasca Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter itu.

"Saya akan keliling ke beberapa tempat bagaimana penyelenggaraannya. Tetapi dari yang saya dapat, penyelenggaraan di GBLA ini termasuk yang bagus," ujarnya.

2. GBLA harus digunakan untuk Piala Dunia U-20

Hadir di Bandung, Menpora Belum Pastikan Persib Bisa Main di GBLA LagiFoto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Terkait penggunaan GBLA hingga kompetisi selesai oleh Persib Bandung, Menpora belum bisa memastikannya. Dia menyebut bahwa lapangan ini sedang dipersiapkan untuk jadi tempat latihan tim pada Piala Dunia Usia 20 Tahun (U-20).

"Kita akan komunikasi dengan kementerian pupr yang diberikan pertanggungjawaban untuk infrastruktur. Kalau saya kan diberikan tanggung jawab untuk dukungan. Pak Iwan atau PSSI jadi LOC-nya, jadi kita kolaborasi," kata dia.

3. Bisa dipakai asal lapang tidak rusak

Hadir di Bandung, Menpora Belum Pastikan Persib Bisa Main di GBLA LagiPertandingan PSIS Semarang melawan Persib Bandung di laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion GBLA Bandung, Sabtu (13/8/2022). (dok. PSIS Semarang)

Menurutnya, kemungkinan pemkaian GBLA sebagai markas Persib masih memungkinkan. Karena yang jadi persoalan adalah ketika lapangan tersebut rusak ketika akan dipakai Pildun U-20.

Saat ini di Bandung satu lapangan yang dijadikan tempat bertanding resmi adalah Stadion Si Jalak Harupat (SJH). Sedangkan lapangan lain dipakai untuk latihan tim nasional yang bertanding di Bandung.

"Sementara GBLA adalah salah satu lapangan latihan. Kita belum tau tim mana yang akan bermain di Bandung," ujarnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya