Comscore Tracker

H-4 Lebaran, Warga Bandung Tumplek Belanja di Kawasan Alun-alun

Pemkot Bandung kaji kemungkinan penutupan tempat belanja

Bandung, IDN Times - Empat hari atau H-4 jelang Hari Raya Idulfitri, ribuan masyarakat Bandung tumplek berbelanja berbagai kebutuhan di kawasan pusat kota. Keramaian itu terpantau di kawasan Jalan Dalem Kaum dan Jalan Otto Iskandar Dinata.

Meski mayoritas masyarakat menggunakan masker tetapi jaga jarak yang dianjurkan pemerintah sulit diterapkan. Bahkan, Wali Kota Bandung Oded M Danial menilai, antusias masyarakat untuk berbelanja itu seperti sudah tidak ada COVID-19.

Namun, Oded memastikan, Pemkot Bandung akan terus mengevaluasi timbulnya situasi kerumunan di pusat perbelanjaan bersama dengan Satgas Penanganan COVID-19.

"Saya terus melakukan evaluasi terus karena memang luar biasa masyarakat ini, seperti sudah tidak ada COVID-19," kata Oded di Bandung, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021).

1. Kerumunan warga sulit diurai

H-4 Lebaran, Warga Bandung Tumplek Belanja di Kawasan Alun-alunWali KOta Bandung Oded M Danial. IDN Times/Debbie Sutrisno

Adapun berbagai pusat perbelanjaan yang dipadati oleh masyarakat itu yakni Pasar Baru Trade Center, Kings Mall, Yogya Kepatihan, dan Plaza Parahyangan.

Beberapa dari pusat perbelanjaan itu nampak telah menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan mengatur jumlah pengunjung. Sehingga para pengunjung lainnya masih harus antre di pintu mal tersebut.

Namun di kawasan Jalan Kepatihan nampak lalu lalang masyarakat nampak menciptakan kerumunan. Karena pengelola mal hanya mengatur pengunjung yang akan masuk ke mal tersebut.

Selain di Jalan Kepatihan, kerumunan masyarakat pun tercipta di Jalan Dalem Kaum. Jalan tersebut memang sebagiannya diperuntukkan kepada pejalan kaki.

Meski sejumlah personel Satpol PP juga bersiaga di lokasi tersebut, namun animo masyarakat yang ingin berbelanja menjelang Lebaran menimbulkan kerumunan yang tak terhindarkan.

2. Kemungkinan penutupan sementara pusat perbelanjaan bisa dilakukan

H-4 Lebaran, Warga Bandung Tumplek Belanja di Kawasan Alun-alunSuasana pusat perbelanjaan di Kota Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Oded, tidak menutup kemungkinan sejumlah pusat perbelanjaan akan ditutup sementara oleh Pemkot Bandung guna mencegah timbulnya kerumunan.

"Saya minta ke Satgas di lapangan dan pak Sekda sebagai ketua harian untuk terus berkoordinasi dengan Forkopimda yang ada, dengan pak Kapolrestabes juga, kalau dibutuhkan ditindak ditutup, pasti ditutup" kata Oded.

3. Tidak ingin membuat pedagang marah dengan pelarangan aktivitas

H-4 Lebaran, Warga Bandung Tumplek Belanja di Kawasan Alun-alunIDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, Oded pun sulit mengambil keputusan untuk langsung menutup pusat perbelanjaan dan kawasan berbelanja lainnya. Sebab bisa jadi ada penolakan dari pedagang yang justru menimbulkan persoalan baru.

"Kalau terlalu keras (menutup toko) susah juga jaman sekarang. Makanya saya ma terus mengimbau agar masyarakat sadarlah (belanja dari rumah saja)," kata Oded.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya