Comscore Tracker

Duet di Pilpres 2024? Ini Tanggapan Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno  

Emil dan Sandi belum mau bicara jauh tentang pilpres

Bandung, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi dua nama yang kerap masuk dalam lingkaran sejumlah lembaga survei untuk Pilpres 2024.

Disinggung soal kemungkinan keduanya untuk berduet pada Pilpres 2024, Ridwan mengatakan jika ia masih fokus pada tanggung jawabnya sebagai Gubernur Jabar. Namun, pria yang akrab disapa Emil itu tak menutup kemungkinan akan berduet dengan Sandi.

"Tidak ada yang tidak mungkin, tapi tadi kata Pak Sandi masih jauh kita fokus. Saya menyelesaikan gubernur Pak Sandi menyukseskan Parekraf. Bukan tidak mungkin, tapi tidak sekarang," kata Emil usai bertemu Sandiaga di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).

1. Pertemuan kali ini bukan tentang politik

Duet di Pilpres 2024? Ini Tanggapan Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno  Pertemuan Ridwan Kamil dan Sandiaga. IDN Times/Istimewa

Emil pun mengaku, pertemuan dengan Sandiaga sama sekali tak membahas soal politik. Kedatangan Sandiaga hanya membahas mengenai program pariwisata di Jawa Barat.

"Karena ini kunjungan dinas ya ramai orang jadi yang dibahas kedinasan tidak membahas Pilpres," ucap Emil.

2. Sandiaga fokus selesaikan kerja sebagai menteri

Duet di Pilpres 2024? Ini Tanggapan Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno  Sandiaga Uno Saat mengecek suhu tubuh di Bandara Hang Nadim (Humas Kemenparekraf)

Di tempat yang sama, Sandiaga menilai saat ini ia hanya ingin menyelesaikan tugasnya sebagai menteri. Apalagi, ia dan Emil punya tanggung jawab besar untuk membangkitkan ekonomi di tengah pandemik COVID-19.

"Buat saya, kita fokus di tugas dan kebetulan kami punya tugas berat ya. 34 juta rakyat Indonesia menggantungkan penghidupan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ada 45 juta rakyat Jabar menggantungkan pada kepemimpinan pak gubernur. Jadi saya akan fokus bagaimana akan bangkit di sektor pariwisata," jelasnya.

3. Keduanya masuk dalam calon maju dalam pemilihan presiden mendatang

Duet di Pilpres 2024? Ini Tanggapan Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno  IDN Times/Debbie Sutrisno

Lembaga riset New Indonesia Research & Consulting merilis hasil survei elektabilitas calon presiden 2024.

Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research & Consulting Andreas Nuryono, mengatakan elektabilitas Ganjar makin jauh meninggalkan Prabowo Subianto. Sementara Anies Baswedan dan Sandiaga Uno terus-menerus merosot.

“Elektabilitas Prabowo, Anies, dan Sandiaga Uno anjlok. Sebaliknya Ganjar Pranowo makin berkibar,” kata Andreas Nuryono seperti dilansir dari ANTARA.

Pada survei Juni 2020 Prabowo masih memimpin dengan elektabilitas 18,9 persen, disusul Ganjar 17,1 persen, Ridwan Kamil (RK) 11,0 persen, Anies 9,8 persen, dan Sandi 8,9 persen. Kemudian Ganjar mulai menyalip pada survei Oktober 2020 dengan elektabilitas 17,1 persen, menggeser Prabowo 16,5 persen, disusul RK 12,3 persen, Anies 8,7 persen, dan Sandi 7,4 persen.

Survei terakhir menunjukkan elektabilitas Ganjar mencapai 18,4 persen, sementara Prabowo turun menjadi 15,6 persen. RK mengalami kenaikan menjadi 13,1 persen, sedangkan Anies turun menjadi 7,3 persen dan Sandi menjadi 6,2 persen.

Baca Juga: Cari Perahu Politik, Ridwan Kamil Bantah Incar Kursi Pimpinan Golkar 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya