Comscore Tracker

Belum Bisa Dipakai, Menteri Basuki Segera Cek Kondisi Stadion GBLA

Pemkot Bandung ingin stadion ini bisa dipakai seutuhnya

Bandung, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berencana menurunkan tim untuk meninjau kondisi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang hingga saat ini belum bisa kembali digunakan untuk menggelar pertandingan kompetisi sepak bola Indonesia. Sebelumnya, Kementerian PUPR telah melakukan pengecekan terkait adanya penurunan konstruksi bangunan tersebut.

"Kalau masalah turun strukturnya itu memang sudah (dicek), tapi dulu. Tiga atau empat tahun lalu sebenarnya masih bisa setelah audit teknik dan disampaikan ke Gubernur lama," ujar Basuki ditemui di kampus ITB, Senin (13/1).

1. Bisa digunakan tapi harus ada perbaikan

Belum Bisa Dipakai, Menteri Basuki Segera Cek Kondisi Stadion GBLADok.IDN Times/Istimewa

Menurut Basuki, jika memang ada struktur yang turun atau tidak pas seperti awal, stadion GBLA sebenarnya masih memungkinkan dipakai. Meski demikian, harus ada perbaikan terlebih dahulu sehingga tempat tersebut benar-benar layak digunakan untuk menjadi tempat digelarnya pertandingan sekelas Liga Indonesia.

"Harapannya bisa dipakai tapi memang harus ada perbaikan," kata dia.

2. Sejumlah komunitas dukung GBLA diaktifkan kembali

Belum Bisa Dipakai, Menteri Basuki Segera Cek Kondisi Stadion GBLAIDN Times/Istimewa

Masyarakat Kota Bandung sangat bangga dan mencintai Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Berbagai komunitas mengaku siap mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengaktifkan kembali stadion tersebut untuk pertandingan olahraga, khususnya sepak bola. Salah satu komunitas yang siap mendukung, yaitu GBLA Lovers.

Penasehat GBLA Lover, Aristomuhaji mengatakan, komunitasnya mendukung semua pihak agar bisa menyetujui penggunaan stadion kebanggaan Kota Bandung itu. Pasalnya, kondisi bangunan dianggap memiliki kelaikan guna.

"Bagi mereka yang menyatakan bahwa GBLA itu tidak aman, mungkin harus dipertanyakan," tutur pria yang akrab disapa Aris ini usai menemui Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Jumat (10/1).

3. Masalah Stadion GBLA harus segera dituntaskan

Belum Bisa Dipakai, Menteri Basuki Segera Cek Kondisi Stadion GBLADok.IDN Times/Istimewa

Aris telah mendengar langsung penjelasan dari wakil wali kota terkait langkah yang sudah dilakukan Pemkot Bandung dalam mengupayakan aktivasi dan pemanfaatan GBLA. Ia pun sepakat dengan Pemkot Bandung bahwa persoalan GBLA harus segera dituntaskan.

Pemkot Bandung telah mengantongi berbagai hasil kajian dari para ahli tentang kelaikan GBLA, termasuk dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menyatakan bahwa GBLA aman untuk digunakan.

Mengenai kondisi penurunan tanah yang selama ini dikhawatirkan oleh pihak-pihak tertentu, Aris mengungkapkan, hal itu memang kondisi yang sudah diantisipasi. Kondisi itu tidak akan mengganggu struktur utama bangunan.

"Sekarang sudah jelas surat dari Kementerian PUPR yang menyatakan bahwa stadion itu layak digunakan. Makanya yang jadi masalah itu memang ada penurunan selama 15 tahun, pasti akan terjadi penurunan tanah di luar struktur utama," jelasnya.

4. Pemkot Bandung terus lakukan pendekatan dengan PT Adhi Karya

Belum Bisa Dipakai, Menteri Basuki Segera Cek Kondisi Stadion GBLADok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung pun mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh GBLA Lovers. Ia memastikan, langkahnya sejalan dengan komunitas yang terus mengawal aktivitas GBLA.

"Kami sudah siap dengan segala prosesnya. Bahkan untuk kerja sama pemanfaatan dengan pihak ketiga sudah akan kami fasilitasi. Namun kami tidak ingin ada cacat aturan dalam prosesnya. Saat ini, bolanya bukan di kami. Tetap prosedur administratif harus ditempuh," beber Yana.

Saat ini Pemkot Bandung tengah menunggu langkah dari PT Adhi Karya dan kepolisian untuk mengeluarkan dokumen yang bisa digunakan Pemkot untuk mengaktivasi GBLA. "Kita semua menunggu," ucap Yana.

Baca Juga: GBLA: Stadion Ambisius yang Banjir Kasus

Baca Juga: GBLA Terbengkalai, Geng Motor di Bandung Bersihkan Stadion

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya