Comscore Tracker

Stasiun di Padalarang Bakal Jadi Titik Berangkat Kereta Cepat

Stasiun kereta cepat berada di kawasan stasiun KAI

Bandung Barat, IDN Times - PT KCIC resmi menambah stasiun pemberhentian untuk moda transportasi kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Penambahan stasiun itu berlokasi di area Stasiun Kereta Api Padalarang.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, di area Stasiun Padalarang akan dibangun tempat transit atau hub untuk kereta cepat. Nantinya, penumpang akan naik dan turun melalui stasiun ini baik berangkat maupun pulang dari Jakarta menuju Bandung.

"Hub stasiun padalarang untuk extension ke stasiun Kereta Cepat. Ini masih skematik, ukurannya sekitar 25x100 meter persegi, kemudian nanti akan dihubungkan dengan skyhall dan frontcost," ujar Dwiyana di Padalarang, Senin (12/4/2021).

1. Ada tiga bangunan utama

Stasiun di Padalarang Bakal Jadi Titik Berangkat Kereta CepatMenko Luhut Binsar Pandajitan. IDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam pembangunannya, Stasiun Kereta Cepat Padalarang bakal mengedepankan kemudahan dengan desain yang elegan. Ada tiga bangunan utama dalam perencanaan itu, bangunan untuk hub atau transit, eskalator dan tiketing.

"Jadi kalau lihat nanti ada tiga bangunan utama. Di bangunan baru ini adalah hub, lokasinya di sini (selatan rel). Kemudian nanti dihubungkan menggunakan eskalator ke arah sky hall, sky hall ini berada di atas jalur eksisting," papar Dwiyana.

2. Bakal disiapkan kereta feeder dari Kota Bansung menuju Padalarang

Stasiun di Padalarang Bakal Jadi Titik Berangkat Kereta CepatProyek kereta cepat Jakarta-Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Stasiun kereta cepat Padalarang ini nantinya bakal menjadi titik awal pemberangkatan Kereta Cepat dari Bandung menuju Jakarta. Kereta feeder atau kereta pengumpan juga akan disiapkan untuk mengangkut penumpang dari Kota Bandung menuju Padalarang untuk kemudian berangkat menggunakan kereta cepat.

"Jalur eksisting nanti untuk kereta api feeder yang melayani kereta api cepat dengan stasiun Kota Bandung, itu dilayani melalui jalur 4. Kenapa? Karena jalur 4 secara desain paling memudahkan penumpang dari kereta api feeder ke kereta cepat," terang Dwiyana.

3. Target rampung di Desember 2022

Stasiun di Padalarang Bakal Jadi Titik Berangkat Kereta CepatIDN Times/Debbie Sutrisno

Secara umum, proyek pembangunan keret cepat ini ditargetkan rampung pada tahun 2022 mendatang. Stasiun Padalarang ini nantinya bakal diskemakan untuk transit kereta cepat yang hendak pergi atau pulang dari Jakarta-Bandung.

"Kalau di lihat dari maket schedule,kita sampai dengan 2022 Desember. Kita akan lakukan percepatan-percepatan sehingga master schedule ini bisa kita lewati dengan baik," tandas Dwiyana.

4. Bakal ada penertiban lahan di kanan kiri Stasiun KAI Padarang

Stasiun di Padalarang Bakal Jadi Titik Berangkat Kereta CepatEksekusi pembebasan lahan untuk proyek Keret Cepat di Padalarang, Jumat (21/2). (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI, Didiek Hatantyo mengatakan, PT KAI akan menertibkan lahan seluas 11 ribu meter untuk mengintegrasikan Stasiun Kereta Cepat dengan KAI.  Selain itu, lalu lintas di area Stasiun Padalarang juga akan dibenahi.

"Lahan akan kita optimalkan milik PT KAI yang sudah. Ada di sini. Kami akan menertibkan lahan 11 ribu meter di sebelah utara dan selatan stasiun. 11 ribu sebelah utara kita akan sosialisasikan dan setelah lebaran kita akan bayar," kata Didiek.

Baca Juga: Menko Luhut dan Menhub Budi Karya Tinjau Proyek Kereta Cepat

Topic:

  • Bagus F
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya