Comscore Tracker

Ridwan Kamil Pastikan Warga Jabar Boleh Berwisata di Tengah PSBB

Warga luar Jabar dilarang berkunjung untuk wisata di Jabar

Bandung Barat, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melarang wisatawan luar Jawa Barat berkunjung ke objek wisata yang ada di Jawa Barat. Seperti diketahui, sejumlah objek wisata unggulan di Jawa Barat kembali dibuka pada 13 Juni kemarin.

Namun demikian, warga yang berasal dari wilayah yang masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, serta Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi (Bodebek) tetap diperbolehkan berwisata.

"Jadi tidak ada masalah kalau mau datang ke objek wisata selama masih berasal dari Jawa Barat meskipun daerahnya masih PSBB," ujar pria yang kerap disapa Kang Emil ini, di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (14/6).

1. Warga luar Jabar akan diputarbalikkan jika memaksa masuk

Ridwan Kamil Pastikan Warga Jabar Boleh Berwisata di Tengah PSBBIDN Times/Bagus F

Emil mengatakan, bagi warga luar Jawa Barat yang memaksa masuk ke objek wisata Jawa Barat, bakal diputar balikkan oleh aparat yang berjaga. Petugas dari aparat TNI-Polri sudah disiagakan untuk menjaga di pintu masuk objek wisata.

"Tadi saya cek objek wisata, penerapan protokol kesehatannya sudah bagus. Saya dapati juga sepasang muda-mudi asal Jakarta mau ke Farmhouse, setelah dicek KTP memang dari Jakarta, saya langsung arahkan untuk putar balik," kata Emil.

2. Pengunjung dibatasi 30 persen

Ridwan Kamil Pastikan Warga Jabar Boleh Berwisata di Tengah PSBBIlustrasi wisata di Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Kepada para pelaku usaha wisata dan restoran, Emil meminta agar disiplin dalam memperhatikan batas kapasitas pengunjung. Pembatasan kunjungan demi mewujudkan physical distancing kepada para wisatawan di objek wisata.

"Maksimal 30 persen, tidak boleh lebih dari itu. Jadi disiapkan skema waiting list. Tempat duduk juga diatur, setiap selang satu meja harus dikosongkan, dan di Lembang ini sudah bagus," sebutnya.

3. Jika pengelola melanggar, objek wisata akan ditutup

Ridwan Kamil Pastikan Warga Jabar Boleh Berwisata di Tengah PSBBIDN Times/Bagus F

Emil menyampaikan, pemerintah akan melakukan evaluasi pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di objek wisata di Jawa Barat secara berkala setiap pekannya. Jika didapati pengelola wisata melanggar protokol kesehatan, Emil tak segan akan menutup objek wisata tersebut.

"Kalau sekiranya muncul kasus baru terpaksa kita tutup lagi objek wisatanya. Jadi pengunjung dan pengelola diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kalau pengelola melanggar aturan, izin operasionalnya nanti kita cabut," tandasnya.

4. Volume kendaraan naik di hari kedua AKB

Ridwan Kamil Pastikan Warga Jabar Boleh Berwisata di Tengah PSBBIDN Times/Bagus F

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar menyebutkan, ada peningkatan arus lalu lintas cukup tinggi di kawasan wisata Lembang di hari kedua penerapan AKB. Peningkatan volume kendaraan itu dihitung meningkat hingga 75 persen.

"Jelas ada peningkatan aktivitas ditandai volume kendaraan yang bertambah sampai 75 persen di hari Sabtu dan Minggu ini. Tapi masih didominasi oleh warga Lembang dan lokal Jawa Barat," ungkap Duddy.

5. Masa transisi diprediksi selama sebulan

Ridwan Kamil Pastikan Warga Jabar Boleh Berwisata di Tengah PSBBIDN Times/Bagus F

Namun, arus kendaraan tersebut belum normal seperti sediakala. Menurutnya, wisatawan masih ada keraguan untuk datang ke objek wisata di Lembang.

"Karena masih transisi jadi masyarakat masih ragu, kebanyakan khawatir masih ada penyebaran COVID-19. Prediksi kami sebulan ini masih dalam masa penyesuaian," ujar dia.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya