Comscore Tracker

Ridwan Kamil Ngaku Belum Banyak Modal untuk Capres 2024

Emil klaim baru punya popularitas, belum punya logistik

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mengaku masih belum cukup mengantongi modal untuk maju menjadi calon presiden (Capres) 2024. Saat ini, dirinya mengklaim baru punya satu modal untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Emil, maju dalam kontestasi nasional membutuhkan tiga modal besar, yakni elektabilitas dan popularitas, logistik, lalu partai yang dalam sistem demokrasi menjadi kendaraan untuk maju.

"Dua modal itu saya belum punya. Duit tidak ada, partai juga belum. Yang saya miliki sekarang elektabilitas dan kesukaan," ujar Emil berdasarkan keterangan resminya, Kamis (2/12/2021).

1. Menurut Emil ada banyak modal harus dipersiapkan dalam Pilpres 2024

Ridwan Kamil Ngaku Belum Banyak Modal untuk Capres 2024Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Dengan belum adanya modal lain dari elektabilitas, Emil bilang, saat ini ia tengah meningkatkan kinerja sebagai Gubernur Jabar. Jika upaya itu direspons partai politik dengan meminangnya untuk maju, Ridwan Kamil memastikan pihaknya tidak akan menolak.

"Tapi politik tahu diri itu, saya harus tahu diri, anda itu siapa? Diusung partai belum pasti, kalau nggak (dipinang) saya tahu diri. Kalau tidak ada partai, saya akan melanjutkan menjadi gubernur. Tapi kalau ada partai butuh tokoh elektabilitas yang lumayan, saya dihitung, saya Bismillah," ungkapnya.

2. Enggak ada partai melirik, Ridwan Kamil mantap cari partai tahun 2022

Ridwan Kamil Ngaku Belum Banyak Modal untuk Capres 2024 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Meski hingga saat ini belum ada partai politik yang mau meminang, Emil memastikan akan menjadi anggota partai politik pada 2022. Namun, langkah ini masih belum dijelaskan secara gamblang oleh Emil.

"Sudah saya putuskan, tahun depan saya akan masuk parpol. Warnanya yang mana, taplak ini, warna baju satpam, hijab merah, saya belum tahu. Yang pasti, yang paling Pancasilais, karena Pancasila itu nomor satu. Tidak boleh terlalu kiri, kanan, politik jalan tengahlah yang saya pilih," katanya.

3. NasDem dan Emil mesra sejak Pilgub Jabar

Ridwan Kamil Ngaku Belum Banyak Modal untuk Capres 2024IDN Times/Mahendra

Sebelumnya, Lembaga Voxpol Center Research and Consulting menilai Partai Nasional Demokrat (NasDem) merupakan kendaraan paling ideal bagi Ridwan Kamil untuk bertarung di Pilpres 2024.

Gayung bersambut, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jabar, Saan Mustopa mengatakan, Ridwan Kamil menjadi salah seorang yang dibidik untuk diusung Partai Nasdem di Pilpres 2024. Menurutnya, rekam jejak kedekatan Nasdem dan Ridwan Kamil telah ada sejak Pilgub Jabar 2018.‎‎

"Ridwan kamil kita coba terus pertimbangkan. Dulu aja waktu Pilgub kita calonkan Ridwan Kamil, kita pertimbangkan," kata Saan di Kota Bandung, Senin (18/10/2021). 

4. NasDem sudah punya banyak calon selain Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Ngaku Belum Banyak Modal untuk Capres 2024ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Saan mengungkapkan, siapa sosok yang akan diusung Nasdem pada Pilpres akan ditentukan di akhir tahun 2022. Setidaknya, ada Lima orang nama yang dibidik Partai Nasdem untuk Pilpres 2024.‎

"Nama-nama yang Nasdem pertimbangkan ada banyak. Ada Anis Baswedan, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Sandi, Khofifah, itu nama-nama yang Nasdem selalu pertimbangkan. Bahkan tokoh TNI-Polri kami pandang sebagai calon yang kami pertimbangkan untuk diusung. Kita bicarakan di akhir tahun 2022," kata dia.

Baca Juga: Anies Baswedan-Ridwan Kamil Dideklarasikan Maju di Pilpres 2024 

Baca Juga: KSPSI Jabar Kecewa Ridwan Kamil Tak Temui Buruh saat Aksi UMK 2022

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya