Comscore Tracker

Pemprov Jabar Tak akan Karantina Ulang WNI yang Pulang dari Natuna

Waktu pemulangan masih belum diketahui Pemprov Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), tidak memiliki rencana isolasi atau karantina ulang, kepada sembilan WNI dari Wuhan di Natuna yang akan kembali ke Jawa Barat dalam waktu dekat.

Kesembilan WNI dari Wuhan tersebut sebelumnya menjalani isolasi atau karantina di Natuna, Kepulauan Riau. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi pemerintah Indonesia, terhadap persebaran Virus Corona alias COVID-19.

Baca Juga: [UPDATE] KSP: Korban Meninggal Akibat Corona Mencapai 1.489 Orang

1. Sembilan WNI dari Wuhan menuju Jabar tidak akan dikarantina ulang

Pemprov Jabar Tak akan Karantina Ulang WNI yang Pulang dari Natuna(Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Berli Hamdani Gelung Sakti

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Berli Hamdani Gelung Sakti mengatakan, Pemprov Jabar tidak akan melakukan karantina ulang terhadap sembilan warga jabar yang akan dipulangkan tersebut.

"Tidak ada karantina, karena sudah selesai. Jadi kalau sudah lewat masa inkubasi, mereka lebih aman terjamin kesehatannya dibanding kita," ujar Berli saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (14/2).

Baca Juga: Mengharukan! Video Penghuni Apartemen di Wuhan Teriak ‘Wuhan, Jiayou!’

2. Pemulangan langsung dari Kemenlu

Pemprov Jabar Tak akan Karantina Ulang WNI yang Pulang dari Natuna(Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Berli Hamdani Gelung Sakti

Berli mengatakan, pemulangan akan langsung dikomandoi oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Keimigrasian. Kesembilan WNI tersebut, akan pulang bersama rombongan dari Natuna lainnya.

"Sementara ini, pemulangan langsung ditangani Kemenlu bekerja sama dengan Imigrasi, sembilan warga jabar akan pulang bersama warga provinsi lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: Merinding! Video Penghuni Apartemen di Wuhan Teriak ‘Wuhan, Jiayou!’

3. Keluarga diperkenankan langsung membawa pulang WNI eks Wuhan

Pemprov Jabar Tak akan Karantina Ulang WNI yang Pulang dari NatunaANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Berli menuturkan, nantinya Pemprov Jabar akan membantu menjemput sembilan warga Jabar di Bandara Halim Perdanakusuma. Selain itu, keluarga diperbolehkan langsung membawa pulang WNI dari Wuhan tersebut.

Disinggung soal kapan penjemputan sembilan WNI dari Wuhan tersebut, Berli tidak menjelaskan lebih rinci. Ia hanya bisa memastikan bahwa Dinkes Jabar akan mendampingi saat prosesi penjemputan tersebut.

"Keluarga boleh langsung jemput dan bawa pulang, selain itu kami mendampingi penjemputan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta," tuturnya.

Baca Juga: Dibantu Pindad, Pemkot Bandung Segera Tata PKL Jalan Gatot Subroto

4. Warga Kota Bandung ada di antara sembilan WNI eks Wuhan

Pemprov Jabar Tak akan Karantina Ulang WNI yang Pulang dari NatunaIlustrasi penanganan virus corona di Taiwan (Twitter/@iingwen)

Berli menambahkan, sembilan WNI  Wuhan asal Jabar berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat. Ia tidak bisa menjelaskan secara rinci sembilan daerah tersebut berasal dari Kota/Kabupaten mana saja.

"Saya tidak hafal daerahnya. Dari Bandung kalau tidak salah ada. Sembilan itu mahasiswa banyaknya," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya