Pemprov Jabar Kirim 10 Jenis Kopi Terbaik ke Milan

10 jenis kopi ini akan ikut pameran World of Coffee di Milan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) ikut Pameran World of Coffee di Milan, Italia. Jabar direncakan akan mengirimkan kopi terbaik dalam pameran yang akan digelar pada 23-25 Juni 2022.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, World of Coffee menjadi gelaran perdagangan kopi terpenting di Eropa. Sehingga, dalam momentum ini harus dimaksimalkan untuk memperkenalkan kualitas kopi Jabar.

"Itu karena sebanyak 71 persen ekonomi kreatif kita terpusat di sektor kuliner. Termasuk kopi dan teh yang menyumbang 43 persen produk domestik regional bruto," ujar Benny, Selasa (21/6/2022).

1. Ada 10 jenis kopi di pameran asal petani Jabar

Pemprov Jabar Kirim 10 Jenis Kopi Terbaik ke MilanIDN Times/Istimewa

Menurut Benny, pameran ini merupakan agenda internasional yang harus dimanfaatkan pelaku usaha kopi untuk promosi termasuk UMKM yang bergerak di sektor kopi di Jawa Barat.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi jembatan atau pintu pembuka eksistensi kopi kita di pasar internasional. Kegiatan ini juga didukung oleh Bank BJB dan Migas Hulu Jabar," katanya.

Kemudian, untuk mengikuti gelaran itu, Benny mengungkapkan, biji kopi terbaik dari wilayah Jabar sudah dikurasi oleh panitia. Dari 166 sampel kopi yang masuk, terpilih sepuluh kopi terbaik dari petani di Jabar yang akan dibawa ke Milan, Italia

"Kopi ini antara lain enam kopi jenis arabika, tiga kopi robusta, dan satu kopi liberika," ucapnya.

2. Soal sejarah kopi di Jabar juga akan dijelaskan pada peserta yang hadir

Pemprov Jabar Kirim 10 Jenis Kopi Terbaik ke MilanBenny Bachtiar (Istimewa)

Benny mengatakan pasar kopi internasional sangat besar sehingga dengan potensi kopi Jabar yang melimpah diharapkan bisa mendapat tempat di pasar dunia. Selama ini, kata dia, Jabar juga hanya mengenalkan kopi sebagai komoditi ekspor tanpa dijelaskan story-nya.

"Pameran nanti akan dijelaskan story-nya. Selain itu, kami juga ingin harga kopi kita bersaing dan mendapat sertifikat indikator geografis. Kita juga ingin mengembangkan wisata kopi di Jabar," ungkapnya.

3. Pameran ini merupakan pameran bergengsi di dunia

Pemprov Jabar Kirim 10 Jenis Kopi Terbaik ke MilanIlustrasi Coffee Shop (IDN Times/Anata)

Pameran World of Coffee merupakan gelaran bagi komunitas kopi di seluruh dunia, diselenggarakan oleh The Specialty Coffee Association (SCA), sebuah organisasi nirlaba yang beranggotakan ribuan pelaku industri kopi profesional, dari produsen kopi hingga barista.

World of Coffee Milan akan menampilkan pameran produk kopi dari 250 pemasok industri kopi dan Horeka terkemuka dunia di area eksibisi seluas 5000 meter persegi, dengan potensi pengunjung sebanyak 11.000 peserta terdaftar dan kalangan pelaku usaha dan investor.

World of Coffee memiliki tujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan specialty coffee unggulan dunia, dan telah berkembang pesat dari 3.000 pengunjung dan 45 peserta pameran menjadi 10.945 pengunjung dan 240 peserta pameran, dalam enam tahun terakhir.

Baca Juga: Disparbud Jabar: 28.000 Pelaku Industri Pariwisata Sudah Divaksin COVID

Baca Juga: 27 Daerah di Jabar PPKM Level 1, Dinkes Jabar Minta Prokes Tetap Ketat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya