Comscore Tracker

Kenalan Sama Salwa Naya Syakirah, Mahasiswi FH Unpad Usia 16 Tahun

Salwa merupakan mahasiswi termuda di angkatannya

Bandung, IDN Times - Salwa Naya Syakirah tercatat menjadi mahasiswi termuda di Universitas Padjadjaran (Unpad), tahun akademik 2021/2022. Ia masuk Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unpad di usia berusia 16 tahun 7 bulan.

Perempuan yang akrab dengan panggilan Salwa ini dinyatakan masuk Unpad melalui melalui jalur seleksi SNMPTN. Ia mengaku kaget dirinya diterima Fakultas Hukum Unpad.

"Perasaannya tidak menyangka bisa diterima di Unpad. Saya senang sekali," ujar Salwa melalui keterangan resminya, Senin (23/8/2021).

1. Salwa mendapatkan akselerasi saat bersekolah di MAN 2 Pekanbaru

Kenalan Sama Salwa Naya Syakirah, Mahasiswi FH Unpad Usia 16 Tahununpad.ac.id

Salwa lahir pada 15 Januari 2005 di Pekanbaru, Riau. Ia masuk sekolah dasar relatif cepat dibandingkan siswa pada umumnya, yaitu pada usia 5,5 tahun. Pendidikannya di SD maupun SMP diselesaikan dengan normal, yaitu 6 dan 3 tahun.

Setelah itu, Salwa masuk MAN 2 Pekanbaru, dan ia mampu menyelesaikan studinya dengan waktu hanya 2 tahun. Hal ini terjadi karena Salwa sudah mengikuti program akselerasi sejak duduk di bangku kelas X.

"Kami diberikan modul berisi tugas-tugas. Kalau bisa menyelesaikan tugas itu lebih cepat dan mumpuni, bisa lanjut ke materi selanjutnya," ungkapanya.

2. Masuk Unpad karena terpandang sebagai kampus populer di Indonesia

Kenalan Sama Salwa Naya Syakirah, Mahasiswi FH Unpad Usia 16 Tahunbospedia.com

Di samping itu, Salwa juga mengalami masa pembelajaran secara daring karena pandemik COVID-19. Sehingga, kesempatan untuk belajar lebih giat dilakukannya hingga ujian akhir kelulusan.

Dari situ, barulah Salwa mulai mencari informasi mengenai perguruan tinggi dan pilihannya jatuh ke Unpad. Selain karena ingin kuliah di Jawa Barat, Salwa melihat Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi yang bagus.

"Saya melihat Unpad termasuk universitas yang bagus, terkenal, dan cukup susah buat orang untuk masuk ke Unpad," ujarnya.

3. Memilih FH Unpad karena passion

Kenalan Sama Salwa Naya Syakirah, Mahasiswi FH Unpad Usia 16 Tahunilustrasi penegakan hukum (jagad.id)

Dengan mendapatkan banyak informasi mengenai Unpad, Salwa kemudian mengikuti ujian seleksi SNMPTN dengan memilih Program Studi Ilmu Hukum. Menurutnya, FH Unpad merupakan salah satu dari lima kampus hukum terbaik di Indonesia.

Salwa memilih jurusan itu karena sejak sekolah sudah memiliki kecintaan terhadap salah satu mata pelajaran sosio humaniora. Selain itu, mempelajari ilmu hukum juga menurutnya memiliki prospek karier yang bagus.

Salah satu karier impian yang ingin diraihnya adalah bekerja di Komisi Nasional atau lembaga yang bergerak di bidang HAM dan kemanusiaan. “Passion saya seputar isu HAM yang terjadi di sekitar. Saya Inginnya lulus 3,5 tahun. dan kalau bisa lulus dengan nilai memuaskan," kata dia.

Baca Juga: Lulus ITB di Usia 18 Tahun, Musa Izzanardi: Orang ITB Memang Aneh-Aneh

Baca Juga: [BREAKING] Mahasiswa ITB Asal Madura Ditemukan Meninggal di Kamar Kost

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya