Comscore Tracker

Kasus Sunda Empire Masuk Penyelidikan, Polisi Kembali Panggil Ketuanya

Polda masih belum tegaskan Sunda Empire melanggar hukum

Bandung, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar, resmi meningkatkan status laporan Sunda Empire ke tahap penyelidikan. Secara otomatis beberapa pucuk pimpinan Sunda Empire akan kembali dipanggil.

"Untuk kasus Sunda Empire, per hari ini sudah naik ke penyidikan," ujar Direktur Kriminal Umum Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Hendra Suhartiyono, saat dikonfirmasi, Senin (27/1).

Baca Juga: Roy Suryo Sebut Rangga Sasana Petinggi Sunda Empire Halu

1. Polisi masih belum jelaskan Sunda Empire melanggar hukum

Kasus Sunda Empire Masuk Penyelidikan, Polisi Kembali Panggil KetuanyaDok. IDN Times/Istimewa

Dengan dinaikannya status tersebut, kata Hendra, polisi akan memanggil beberapa pucuk pimpinan dari Sunda Empire dan beberapa pihak terkait lainnya. Hendra pun tidak menjelaskan lebih detail perihal pelanggaran hukum apa yang dikenakan kepada Sunda Empire.

Ia hanya mengatakan, bahwa akan ada pemanggilan kembali pimpinan Sunda Empire. "Insya Allah secepatnya. Lusa kita panggil lagi mereka, untuk tersangka, tunggu pemeriksaan besok," tuturnya.

"Besok ada pemeriksaan lagi, salah satunya NB," tambahnya.

Baca Juga: Sunda Empire Klaim Lebih Tinggi dari PBB danMenguasai Bumi

2. Polda sudah panggil beberapa pihak terkait untuk terangkan Sunda Empire

Kasus Sunda Empire Masuk Penyelidikan, Polisi Kembali Panggil Ketuanyafacebook

Diberitakan sebelumnya, guna menyelidiki lebih dalam soal Kekaisaran Sunda Empire, Polda Jabar sudah memeriksa Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kasbangpol) Provinsi Jabar dan ahli pidana Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) pada Selasa (21/1).

"Kita mintai keterangan dari Kesbangpol Provinsi Jabar terkait dengan perizinan ormas, kita mintai keterangan dari mereka apakah Sunda Empire ini berupa ormas," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Saptono Erlangga, di Markas Polda Jabar, Rabu (22/1).

Baca Juga: Diminta Sunda Empire Paham Sistem Kerajaan, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

3.Rektor Unisba dipanggil untuk membantu menjelaskan Sunda Empire

Kasus Sunda Empire Masuk Penyelidikan, Polisi Kembali Panggil Ketuanyaliputan6.com

Selain dari Kasbangpol Provinsi Jabar, kata Erlangga, polisi juga meminta penjelasan kepada Rektor Unisba sebagai ahli pidana dan sebagai ahli sejarah, Ir. Ganjar Kurnia untuk turut membantu menjelaskan bagaimana Kekaisaran Sunda Empire tersebut.

"Dua akademisi kita ajak untuk menjelaskan bagaimana Sunda Empire tersebut. Kalau pegawai yang dari UPI sedang di-crosscheck terkait penggunaan sarana dari UPI yang digunakan untuk kegiatan Sunda Empire," tuturnya.

Baca Juga: Diperiksa Polda Jabar, Ketua Sunda Empire Tegaskan Eksistensinya

4. Delik perkara Sunda Empire masih belum jelas

Kasus Sunda Empire Masuk Penyelidikan, Polisi Kembali Panggil KetuanyaSekjen Sunda Empire Rangga Sasana (Youtube/Indonesia Lawyers Club)

Erlangga menyebutkan, saat ini polisi belum bisa memberikan keterangan apakah Sunda Empire masuk ranah pidana atau tindakan hukum lainnya. Kata dia, polisi masih menyelidiki kasus tersebut.

"Ini masih dalam proses lidik dan tentunya penyidik akan melakukan gelar perkara apakah memang di dalam kegiatan Sunda Empire ini sudah memenuhi unsur-unsur pidana jadi nanti penyidik akan menyimpulkan di gelar perkara," katanya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya