ITB Investigasi Mahasiswa Meninggal Saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Rektor ITB belum menyatakan akan membekukan UKM Aksantara

Bandung, IDN Times - Kasus mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknis Mesin dan Dirgantara bernama Muhammad Rasyid Ghifary yang meninggal dunia saat uji coba pesawat tanpa awak masih menyita perhatian publik.

Muhammad Rasyid Ghifary sendiri merupakan anggota UKM Aksantara. Dia meninggal saat mengikuti kegiatan bersama Tim Aksantara di Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung pada Selasa (6/6/2023).

1. Investigasi dilakukan dosen pembimbing UKM Aksantara

ITB Investigasi Mahasiswa Meninggal Saat Uji Coba Pesawat Tanpa AwakKampus ITB Dokumen itb.ac.id

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto turut memberikan sikap atas peristiwa ini. Ia juga membenarkan bahwa ITB akan menginvestigasi kasus tersebut.

"Investigasi dilakukan dosen pembimbing UKM Aksantara dan dosen dari FTMD. Hingga saat ini belum ada kabar bahwa UKM Aksantara akan dibekukan, namun pimpinan ITB menghimbau agar semua mahasiswa yang berkegiatan di UKM untuk selalu bertindak hati-hati dalam berkegiatan," ujar Naomi melalui keterangan resmi, Kamis (8/6/2023).

2. Fary meninggal saat ujicoba pesawat tanpa awak

ITB Investigasi Mahasiswa Meninggal Saat Uji Coba Pesawat Tanpa AwakKampus ITB (itb.ac.id)

Naomi menjelaskan, pada Selasa sore sekitar pukul 17.15-17.20 WIB, beberapa tim Aksantara, termasuk Fary sedang mempersiapkan alat pelontar untuk melakukan uji terbang wahana.

Adapun alat lontar tersebut terdiri dari karet elastis besar yang disangkutkan pada sebuah pasak besi besar.

Kemudian, setelah beberapa kali percobaan, peserta uji coba belum berhasil memasangnya, sehingga perlu dipindahkan tempat pasaknya. Namun, kondisi tanah tempat pasak dipindahkan rupanya berlumpur dan tak cukup kuat untuk menahannya.

"Sehingga pasak itu terlontar dan mengenai Fary di bagian rahang bawah kanannya," katanya.

3. Rektor ITB menyampaikan duka mendalam atas peristiwa ini

ITB Investigasi Mahasiswa Meninggal Saat Uji Coba Pesawat Tanpa AwakProf. Reini Wirahadikusumah rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) periode 2020-2025. (Dok. ITB).

Dengan kondisi ini, Fary langsung dilarikan ke RSAU Lanud Sulaiman. Adapun untuk rekannya segera menghubungi keluarga serta dosen pembimbing Aksantara. Berdasarkan pemeriksaan elektrodiagram (EKG), Fary dinyatakan meninggal dunia pada pukul 17.44 WIB.

"Rektor ITB beserta jajaran mengucap turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada keluarga (orangtua) Fary yang juga merupakan alumni ITB dan kepada keluarga besar FTMD atas berpulangnya Fary," katanya.

Untuk diketahui, Aksantara sendiri merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang robotika terbang atau yang biasa disebut dengan Unmanned Aerial Vehicle/Drone (UAV). Tim Aksantara tengah bersiap untuk mengikuti Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI).

Baca Juga: Buka ITB Press Store, Cara ITB Dorong Literasi di Kalangan Millennial

Baca Juga: Mahasiswa ITB Meninggal Saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya