Gubernur Ridwan Kamil Siap Jadi Anggota Partai Pada 2022 

Emil kemungkinan akan maju lagi di Pilgub Jabar 2023

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menyatakan diri siap untuk bergabung menjadi anggota partai politik. Keputusan ini akan dilaksanakannya pada 2022, menjelang pemilihan gubernur (Pilgub) 2023.

Menurut Emil, saat ini ia memilih untuk melanjutkan terlebih dahulu kepemimpinannya di Jabar. Adapun pada Pilgub Jabar 2023, dirinya memastikan akan berstatus menjadi anggota partai.

"Saya masih istihoroh terus terang, kalau lanjut gubernur juga periode kedua, mungkin posisinya sudah berpartai juga, partai mana, mungkin di 2022 mungkin akan saya sampaikan," ujar Emil, di Gedung Pakuan, Jumat (8/10/2021).

1. Ridwan Kamil akan mencari partai yang tepat untuk dirinya

Gubernur Ridwan Kamil Siap Jadi Anggota Partai Pada 2022 Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sampai saat ini, pergerakan partai politik di Jabar menjelang Pilgub 2023 masih dinamis. Tokoh-tokoh daerah dan dari partai politik masih malu-malu untuk menunjukkan jagoannya pada publik.

"Pada 2022 saya sampaikan, sekarang saya akan istihoroh mana (partai) yang pas dulu," ujar Emil.

2. Nama Ridwan Kamil masuk dalam bursa capres 2024

Gubernur Ridwan Kamil Siap Jadi Anggota Partai Pada 2022  ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Untuk diketahui, selain berpeluang maju kembali pada Pilgub Jabar 2023, Emil juga dirumorkan akan maju menjadi Calon Presiden (Capres) 2024. Nama mantan Wali Kota Bandung satu periode ini belakangan kerap muncul di berbagai lembaga survei.

Emil juga banyak disandingkan dengan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo; Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan; serta tokok politik muda Indonesia seperti Ketua Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

3. Ridwan Kamil dan Desy Ratnasari mesra

Gubernur Ridwan Kamil Siap Jadi Anggota Partai Pada 2022 Desy Ratnasari (instagram.com/Vivi Thalib)

Manuver politik Emil juga sudah mulai terang-terangan. Ia beberapa kali tampil mesra dengan ketua partai dan tampil dekat dengan kader partai politik Jabar. Salah satunya Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat (Jabar) Desy Ratnasari.

Meski tampil mesra, Desy belum bisa memastikan dirinya akan maju bersama Ridwan Kamil. Ia mengatakan bahwa dirinya akan patuh pada seluruh keputusan partai.

"Kami sami’na wa atho’na dengan keputusan DPP. Sebagai kader kami akan siap mendukung dan akan melaksanakan keputusan DPP yg terbaik bagi Jawa Barat," ujar Desy saat dihubungi, Rabu (6/10/2021).

Selain dekat dengan Partai PAN, Emil juga beberapa kali bertemu dengan pimpinan partai lainnya, seperti dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto; Partai Golkar Airlangga Hartanto; dan Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudoyono.

Emil sendiri mengartikan bahwa pertemuan itu semata-mata bukan untuk kepentingan dirinya maju sebagai calon presiden. Ia menegaskan bahwa semua pertemuan itu hanya silahturahmi dan koordinasi tentang pemerintahan.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Warga Jabar Semakin Banyak Jadi Investor di Pasar Modal

Baca Juga: PAN Undang Anies hingga Ridwan Kamil ke Bali: Cari Kecocokan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya