Comscore Tracker

Genjot Sektor EBT, 5 OPD Pemprov Jabar Sewa Mobil Listrik Berbasis EV

Langkah ini juga sesuai dengan arahan Presiden Jokowi

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berkomitmen dalam memajukan energi baru terbarukan (EBT). Salah satu upaya mendukung energi bersih ini dengan menggerakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Migas Utama Jabar (MUJ) untuk berinovasi dan mengambil untung.

Melalui anak perusahaannya, PT MUJ Energi Indonesia (MUJI) telah melakukan inovasi berupa penyewaan kendaraan bertenanga listrik berbasis batrei (EV) untuk lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jabar.

Adapun lima OPD Pemprov Jabar yang menyewa kendaraan listrik ini yaitu: Dinas ESDM Provinsi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Bapenda, Inspektorat, dan Sekretariat DPRD Jabar.

1. Ekosistem kendaraan listrik harus dihadirkan

Genjot Sektor EBT, 5 OPD Pemprov Jabar Sewa Mobil Listrik Berbasis EVIlustrasi kendaraan listrik

Direktur Utama PT MUJI, Ryan Alfian Noor mengatakan, lima OPD Pemprov Jabar ini sudah menandatangani kerjasama penyewaan kendaraan listrik. Hal ini juga merupakan bagian dari visi perusahaan.

"Kami memiliki program untuk penyediaan mobil listrik yang bukan hanya menyiapkan mobil saja, tapi kami juga menyiapkan ekosistem kendaraan listrik yaitu EV Charging Station," ujar Ryan melalui keterangan resminya, Rabu (25/1/2023).

2. Berharap banyak daerah lain ikut sewa mobil listrik

Genjot Sektor EBT, 5 OPD Pemprov Jabar Sewa Mobil Listrik Berbasis EVGoogle

Penyediaan mobil listrik oleh BUMD untuk operasional perangkat daerah di Jabar merupakan skema pertama di Indonesia. Ryan mengungkapkan, kendaraan listrik yang secara bertahap diharapkan dapat menggantikan kendaraan operasional berbasis bahan bakar fosil.

"Skema penyewaan kendaraan listrik inj merupakan terobosan dimana ketika terdapat keterbatasan APBD, maka pemerintah daerah dapat melakukan penyewaan tanpa harus membeli," jelasnya.

Ryan berharap skema sewa untuk mobil listrik ini dapat juga dilakukan oleh pemerintah kota dan kabupaten melalui e-katalog yang sudah tersedia. Nantinya, PT MUJI akan menjadi vendor di e-katalog tersebut.

"Kami siap bekerjasama untuk penyediaan mobil listrik agar dapat bersama-sama mewujudkan transisi energi menuju net zero emission," katanya.

3. Dinas ESDM Jabar bakal banyak konversi kendaraan BBM

Genjot Sektor EBT, 5 OPD Pemprov Jabar Sewa Mobil Listrik Berbasis EVPT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sepanjang 2021. (Dok. PLN)

Sedangkan, Kepala Dinas ESDM Pemprov Jabar, Ai Saadiyah Dwidaningsih menambahkan, transisi dari kendaraan dinas berbasis fosil menjadi berbasis listrik dengan baterai telah dimulai di 2023 ini. Jabar juga telah menyediakan 22 kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

"InsyaAllah ke depan kita akan melakukan konversi terhadap seluruh perangkat daerah. Ini merupakan bukti dan komitmen Jabar dalam rangka transisi energi menuju net zero emission, yaitu dengan menggunakan energi lebih bersih dan energi lebih ramah lingkungan," katanya.

4. Langkah ini sudah sejalan dengan amanat presiden

Genjot Sektor EBT, 5 OPD Pemprov Jabar Sewa Mobil Listrik Berbasis EVDirektur Utama PT Migas Utama Jabar (MUJ), Begin Troys (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu, Direktur Utama MUJ, Begin Troys mengatakan, elektrifikasi salah satu cara korporasi mengakselerasi pengembangan transisi energi untuk mendukung peningkatan target bauran energi baru terbarukan di Jabar.

"Ini merupakan bagian dari visi kami untuk membantu Pemprov Jabar menuju net zero emission 2060 sebagai mana arahan Pak Ridwan Kamil yang merupakan Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) yang juga Gubernur Jabar," kata Begin.

Dukungan MUJ selaras dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (EV) Sebagai Kendaraan Dinas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Ridwan Kamil Beri Tiga Penghargaan pada Perseroda MUJ

Baca Juga: Jalin Kolaborasi, PLN dan MUJ Komitmen Capai Zero Emission 2060

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya