Disperindag: 27 Produk IKM Jawa Barat Hadir di BIJB Kertajati

Produk IKM ini ditargetkan turut menghidupkan BIJB Kertajati

Bandung, IDN Times - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat memfasilitasi produk industri kecil menengah (IKM) dari 27 kabupaten/kota hadir di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin sebelumnya mendorong pentingnya meramaikan bandara kebanggaan Tanah Pasundan ini dengan berbagai event.

Jika masyarakat luas semakin mengenal Bandara Kertajati maka sektor pariwisata dan ekonomi di Kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) akan semakin berkembang.

"Jawa Barat sudah memiliki BIJB yang juga peringkat kedua bandara terluas di Indonesia, dan saat ini kami terus promosi. Adapun salah satu daya tariknya adalah pariwisata Jabar yang sangat beragam, dari mulai gunung, kuliner, fashion, sampai wisata bahari juga ada," katanya pekan lalu.

1. Promosi mengubah wajah BIJB Kertajati

Disperindag: 27 Produk IKM Jawa Barat Hadir di BIJB KertajatiBandara BIJB Kertajati Dok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

Fasilitas tiket gratis antarmoda hingga pameran IKM didorong selain untuk mempromosikan sekaligus mendekatkan keberadaan Bandara Kertajati dengan masyarakat.

"Tidak hanya penumpang, masyarakat juga ada yang ingin tahu Kertajati. Jadi kami juga berharap promosi itu mengubah Kertajati, baik dan bagus, dari masyarakat. Jadi tidak hanya penumpang pesawat, bagi masyarakat dan pelajar bisa. Jadi ini upaya kami mempromosikan Kertajati," ucap Bey.

2. Disperindag pasang produk IKM Jawa Barat secara bertahap

Disperindag: 27 Produk IKM Jawa Barat Hadir di BIJB KertajatiBandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati (commons.wikimedia.org)

Sementara itu Kadisperindag Jawa Barat Noneng Komara Nengsih mengatakan, ia akan mendirikan gerai atau tenant khusus produk IKM di Bandara Kertajati, Majalengka sebagai tindak lanjut dari permintaan Bey Triadi Machmudin agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) mendorong optimalisasi bandara tersebut.

Noneng Komara mengatakan upaya ini dilakukan Disperindag Jawa Barat sejak pekan lalu di Bandara Kertajati. Dalam Jendela, ia mendirikan booth bagi produk-produk estetik IKM di wilayah Ciayumajakuning.

"Kalau yang kemarin itu baru booth kecil. Kami akan buat yang lebih besar lagi sehingga seluruh produk kriya dari seluruh kabupaten kota ikut serta di sana," katanya di Bandung, Kamis (7/12/2023).

3. Berharap produk Jabar bisa banyak dibeli penumpang

Disperindag: 27 Produk IKM Jawa Barat Hadir di BIJB KertajatiGedung Terminal Bandara Kertajati. (IDN Times/Hardiansyah)

Manajemen pengelola Bandara Kertajati menurutnya sudah menyiapkan tiga tempat bagi tenant permanen berukuran besar yang bisa menampung produk-produk IKM di areal kedatangan dan keberangkatan Bandara Kertajati.

"Nanti akan ditempatkan petugas khusus dan bisa melayani transaksi pembelian produk," katanya.

Noneng menuturkan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin memberi arahan agar produk-produk IKM bisa menarik perhatian bagi penumpang yang datang dari dan ke Bandara Kertajati.

"Harapannya penumpang di Kertajati bisa membeli dan membawa oleh-oleh hasil IKM dan para pengrajin," kata dia.

Baca Juga: Disperindag Jabar Pastikan Kenaikan Harga Beras Tak Pengaruhi Inflasi

Baca Juga: Disperindag Jabar Pastikan Pasar Gedebage Bukan Importir Thrifting! 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya