Comscore Tracker

Diminta Sunda Empire Paham Sistem Kerajaan, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Emil meminta masyarakat menilai logika yang benar

Bandung, IDN Times - Disebut tidak mengerti Sunda Empire oleh Sekertaris Jendral (Sekjen) Sunda Empire Rangga Sasana, Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil, mempersilakan masyarakat menilai.

"Setiap orang mah bisa berpendapat masing-masing, kita serahkan ke masyarakat argumen mana yang paling bisa diterima, paling logis paling masuk akal," ujar Emil kepada wartawan saat ditemui di Vihara Samudra Bakti, Jalan Kelenteng, Kota Bandung, Sabtu (25/1).

1. Sunda Empire menolak dicap stres oleh Ridwan Kamil

Diminta Sunda Empire Paham Sistem Kerajaan, Ini Tanggapan Ridwan KamilSekjen Sunda Empire Rangga Sasana (Youtube/Indonesia Lawyers Club)

Diberitakan sebelumnya, petinggi Kesultanan Sunda Empire Ki Ageng Rangga Sasana, meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bisa memahami lebih dalam tentang Kesultanan Sunda Empire. Petinggi kesultanan ini meminta agar Ridwan Kamil tidak dengan mudah menyebutkan kelompoknya stres.

"Memalukan Gubernur Jabar (Ridwan Kamil) itu. Enggak paham Sunda Empire, (tapi)ngomong Sunda Empire. Parah itu, jadi harus belajar," ujar Rangga kepada IDN Times saat dihubungi, Senin (21/1).

Baca Juga: Sekjen Sunda Empire: Kekaisaraan Sunda Lebih Tinggi dari PBB

2. Sunda Empire bukan ormas melainkan negara

Diminta Sunda Empire Paham Sistem Kerajaan, Ini Tanggapan Ridwan KamilSekjen Sunda Empire Rangga Sasana (YouTube/Indonesia Lawyers Club)

Menurut sang petinggi, Sunda Empire bukan masuk dalam organisasi masyarakat atau yang lainnya. Sunda Empire merupakan kerajaan yang memang berdiri dengan anggota seluruh manusia yang ada di bumi.

"Anggotanya adalah seluruh negara pemerintah dan yang ada di atas bumi. Kemudian terkait rakyat adalah seluruh manusia yang ada di atas bumi, termasuk Anda, adalah masyarakat Sunda Empire," ungkapnya.

Baca Juga: Dinilai Ubah Sejarah, Roy Suryo Laporkan Sunda Empire ke Polisi

3. Jika ada yang tidak suka dengan Sunda Empire silakan pergi dari bumi

Diminta Sunda Empire Paham Sistem Kerajaan, Ini Tanggapan Ridwan Kamil(Tangkap layar Gideon Sihombing) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Rangga menyebutkan, jika ada kelompok atau negara yang tidak menyukai keberadaan Sunda Empire, maka jangan tinggal di bumi dan jangan menginjak tanah di bumi.

"Jadi kalau ada yang tidak suka dengan Kekaisaran Sunda Empire, ke luar dari bumi dan jangan injak bumi," kata dia.

Baca Juga: Sunda Empire Ogah Disamakan dengan Keraton Baru

Baca Juga: Arsip Bansos KBB Diterima, Polda Jabar Selidiki Dugaan Korupsi

Baca Juga: Polda Jabar: Senin Pekan Depan Hasil Autopsi Lina Resmi Diumumkan 

4. Gubernur Jabar sebut Sunda Empire tidak waras

Diminta Sunda Empire Paham Sistem Kerajaan, Ini Tanggapan Ridwan KamilKelompok Sunda Empire (facebook.com/queen.renny)

Fenomena munculnya kelompok yang mengatasnamakan kerajaan dan kekaisaran di beberapa daerah membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut berkomentar. Dalam sebuah kesempatan, Emil mengatakan jika pengikut kelompok tersebut merupakan orang-orang stres.

"Ini banyak orang stres di republik ini," katanya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (18/1).

"Ilusi-ilusi yang sering kali (berkaitan dengan) romantisme-romantisme sejarah. Dan ternyata ada orang yang percaya. Jadi pengikut," ujar dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya