Bisiki Telinga Ridwan Kamil, AHY: Kepergian Eril Tinggalkan Luka Dalam

AHY ke Gedung Pakuan bersama jajaran Partai Demokrat Jabar

Bandung, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menyampaikan duka pada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil atas wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz karena tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022).

Berdasarkan pantauan di lapangan, AHY kompak mengenakan pakaian serba hitam. Dia bertakziah ke Gedung Pakuan didampingi bersama jajaran Partai Demokrat Jabar.

Usai menyampaikan takziah, Ketua umum partai berlambang mercy ini menyatakan dirinya telah memberikan dukungan pada Ridwan Kamil agar tetap tabah. Dukungan ini, dikatakannya disampaikan langsung di telinga Ridwan Kamil.

"Saya bisikan ke telinga Kang Emil, bahwa saya tidak mungkin berpura-pura merasakan apa yang Kang Emil, Teh Lia rasakan, karena sangat mengejutkan dan tinggalkan luka mendalam," ujar AHY, Rabu (8/6/2022).

1. AHY berikan kekuatan agar keluarga besar Ridwan Kamil diberikan ketabahan

Bisiki Telinga Ridwan Kamil, AHY: Kepergian Eril Tinggalkan Luka DalamKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY saat sampaikan duka di Gedung Pakuan (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, AHY mengungkapkan bahwa kepergian Eril tentunya membuat sedih Ridwan Kamil beserta keluarga besar. Dia mendoakan selalu agar sahabatnya itu tetap diberikan kekuatan dan ketabahan atas kepergian Eril.

"Kami juga tentu doakan semoga Kang Emil, Teh Lia dan keluarga besar semua yang menyayangi dan mencintai ananda Eril diberikan kekuatan, kebesaran dan kelapangan jiwa untuk terima takdir ini," katanya.

2. AHY turut mendoakan Eril

Bisiki Telinga Ridwan Kamil, AHY: Kepergian Eril Tinggalkan Luka Dalaminstagram.com/emmerilkahn

Selain menyampaikan takziah sebagai ketua umum partai, AHY mengatakan, atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan turut berduka atas musibah yang dirasakan Ridwan Kamil bersama keluarga besar.

"Kami mendoakan almarhum Eril, putra pertama kesayangan keluarga besar husnul khotimah diterima di sisi Allah diampuni segala dosa selama hidup begitu pula diterima segala amal ibadah dan kebaikannya," kata dia.

3. AHY sebut Emil sudah ikhlaskan Eril

Bisiki Telinga Ridwan Kamil, AHY: Kepergian Eril Tinggalkan Luka DalamKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

AHY menambahkan, kondisi Ridwan Kamil saat ini sudah ikhlas dan bisa perlahan menerima takdir. Menurutnya, sosok orang nomor satu di Jabar itu sangat kuat dalam menghadapi segala cobaan.

"Tapi saya tahu segala cobaan dan ujian mendalam, Kang Emil dan Teh Lia bisa terima dengan ikhlas, dan kita semua terus doakan semoga ananda Eril bisa diterima allah," kata dia.

4. Keluarga besar sudah putuskan Eril sudah wafat

Bisiki Telinga Ridwan Kamil, AHY: Kepergian Eril Tinggalkan Luka DalamInstagram.com/arkanaidan

Untuk diketahui, keluarga besar Ridwan Kamil sendiri menyarankan Eril wafat setalah berkonsultasi dengan para ulama di Jabar dan MUI Jabar pada Kamis (2/6/2022). Dari situ, MUI juga mengeluarkan surat imbauan agar seluruh masyarakat menggelar salat gaib.

Meski begitu, MUI Jabar tetap mengizinkan pihak keluarga tetap melakukan ikhtiar pencarian Eril.

"Saya katakan kalau sudah yakin kita melakukan kewajiban adalah menyolatkan (salat gaib). Meski begitu, pencarian tetap dilakukan tidak masalah, sesuai keyakinan tadi," ujar Ketua Umum MUI Jabar, Rahmat Syafei, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga: 6 Hari Wafatnya Eril, Gedung Pakuan Masih Gelar Pengajian

Baca Juga: 10 Kenangan Manis Nabila Ishma Bersama Eril, Tulis Pesan Menyentuh

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya